Upaya pembina pramuka dalam membentuk karakter peduli lingkungan pada siswa di MI al Khoiriyah 1 Dalegan Panceng Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sari, Esty Hikmah Mayank (2022) Upaya pembina pramuka dalam membentuk karakter peduli lingkungan pada siswa di MI al Khoiriyah 1 Dalegan Panceng Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Esty Hikmah Mayank Sari_D07218008 ok.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil pengamatan peneliti bahwa kegiatan ekstrakurikuler pramuka memiliki timbal balik yang baik dalam menumbuhkan karakter peduli lingkungan pada siswa. Sehingga peneliti meneliti tentang upaya Pembina pramuka dalam menumbuhan karakter peduli lingkungan pada siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler pramuka di MI Al-Khoiriyah 1 Dalegan Panceng Gresik dalam pembentukan karakter peduli lingkungan siswa? (2) Apa saja upaya yang dilakukan oleh pembina pramuka dalam membentuk karakter peduli lingkungan siswa di MI Al-Khoiriyah 1 Dalegan Panceng Gresik? (3) saja faktor penghambat yang dirasakan Pembina pramuka dalam membentuk karakter peduli lingkungan siswa? Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian kualitiatif dengan pendekatan kualitatif studi kasus yang hasilnya dijelaskan secara deskriptif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Kemudian dilakukan analisis keabsahan data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitain ini menunjukkan bahwa (1) Pembina pramuka melaksanakan tugas dan tanggung jawab sebagai Pembina pramuka dengan baik. Pembentukan karakter peduli lingkungan siswa dapat dilaksanakan saat kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan penutup. (2) beberapa upaya Pembina pramuka dalam membentuk karakter peduli lingkungan siswa diantaranya memberikan materi tentang lingkungan dan sikap peduli lingkungan, melakuakan kegiatan yang berkaitan dengan sikap peduli lingkungan, sosialisasi dengan orang tua siswa saat kegiatan ekstrakurikuler pramuka diliburkan, dan melakukan pembiasaan. (3) faktor penghambat dalam menumbuhkan karakter peduli lingkungan dapat terjadi pada siswa maupun pembina pramuka.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sari, Esty Hikmah Mayankhikmahesty@gmail.comD07218008
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMunawir, Munawirmunawirpgmi@gmail.com2001086501
Thesis advisorNadlir, Nadlirnadlir@uinsby.ac.id2022076802
Subjects: Kepribadian
Lingkungan Hidup
Keywords: Karaker peduli lingkungan; pembina pramuka; siswa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Esty Hikmah Mayank Sari
Date Deposited: 10 Nov 2022 17:44
Last Modified: 10 Nov 2022 17:44
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/57908

Actions (login required)

View Item View Item