Peningkatan kemampuan menentukan gagasan pokok paragraf pada mata pelajaran Bahasa Indonesia melalui model Directed Reading Thinking Activity (DRTA) berbantu media audio visual kelas IV MI Raudlatul Muta'allimin Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sa'adah, Novi Umrotus (2022) Peningkatan kemampuan menentukan gagasan pokok paragraf pada mata pelajaran Bahasa Indonesia melalui model Directed Reading Thinking Activity (DRTA) berbantu media audio visual kelas IV MI Raudlatul Muta'allimin Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Novi Umrotus Sa'adah_D77218049.pdf

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah kesulitan yang dialami oleh siswa kelas IV MI Raudlatul Muta’allimin Lamongan dalam menentukan gagasan pokok paragraf. Data yang diperoleh dari hasil pra siklus menunjukkan bahwa ketuntasan belajar siswa yaitu sebesar 31% (kurang). Untuk meningkatkan kemampuan menentukan gagasan pokok paragraf, peneliti mengambil tindakan melalui model Directed Reading Thinking Activity (DRTA) berbantu media audio visual yang dilakukan dalam dua siklus. Tujuan dari penelitian ini yaitu, 1) Untuk mengetahui penerapan Model Directed Reading Thinking Activity (DRTA) Berbantu Media Audio Visual dalam meningkatkan kemampuan menentukan gagasan pokok paragraf siswa Kelas IV MI Raudlatul Muta’allimin Lamongan. 2) Untuk mengetahui peningkatan kemampuan menentukan gagasan pokok paragraf siswa Kelas IV MI Raudlatul Muta’allimin Lamongan setelah menerapkan model Directed Reading Thinking Activity (DRTA) Berbantu Media Audio Visual. Metode penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menerapkan model Kurt Lewin yang terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Raudlatul Muta’allimin Lamongan dengan jumlah 13 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes hasil, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan model Directed Reading Thinking Activity (DRTA) dalam menentukan gagasan pokok paragraf dapat berjalan dengan baik. Hal ini dapat dilihat pada skor hasil observasi aktivitas guru pada siklus I sebesar 71,73 meningkat pada siklus II menjadi 86,95. Aktivitas siswa pada siklus I sebesar 67,39 dan mengalami peningkatan pada siklus II yakni 84,78. 2) Presentase ketuntasan nilai siswa pada siklus I yakni 61,5 (rendah) mengalami peningkatan yang cukup banyak menjadi 84,61% (sangat tinggi) pada perolehan siklus II. Nilai rata-rata kelas pada siklus I yaitu 73,84 dan mengalami peningkatan menjadi 83,07 pada siklus II.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sa'adah, Novi Umrotusnoviumrotus12@gmail.comD77218049
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorTaufik, Taufiktaufiksiraj@uinsby.ac.id2002027303
Thesis advisorMas'ud, Sulthonsulthon.masud@uinsby.ac.id2073091001
Subjects: Bahasa Indonesia
Pendidikan > Media
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Menentukan gagasan pokok; Bahasa Indonesia; model Directed Reading Thinking Activity (DRTA)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Novi Umrotus Sa'adah
Date Deposited: 14 Nov 2022 05:10
Last Modified: 14 Nov 2022 05:10
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/57911

Actions (login required)

View Item View Item