Nilai-nilai pendidikan Islam dalam buku tidak di ka’bah di Vatikan atau di tembok ratapan Tuhan ada di hatimu karya Husein Ja’far al-Hadar

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wahid, Abdurrohman (2022) Nilai-nilai pendidikan Islam dalam buku tidak di ka’bah di Vatikan atau di tembok ratapan Tuhan ada di hatimu karya Husein Ja’far al-Hadar. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Abdurrohman Wahid_D91216089.pdf

Download (3MB)

Abstract

Nilai-nilai pendidikan Islam merupakan landasan utama serta mendasar dalam mewujudkan sebuah perubahan. Hanya dengan pendidikanlah paradigma, sikap, dan perilaku umat manusia dapat berubah dan terarah. Pendidikan Islam pada dasarnya bertujuan untuk membentuk manusia yang didasarkan kepada nilai-nilai Islam dan manusia hidup di dunia adalah bertujuan untuk hanya menyembah kepada Allah Swt. Pembentukan karakter dan nilai pendidikan Islam pada peserta didik merupakan suatu hal yang sangat penting dan harus diperhatikan sebagai proses pembinaan nilai pendidikan Islam. Buku merupakan karya sastra yang di dalamnya terdapat nilai-nilai budaya, sosial, moral dan pendidikan, termasuk mengandung nilai-nilai pendidikan Islam di dalamnya. Sehingga perlu dilakukan analisis terhadap nilai pendidikan Islam yang terkandung di dalam buku yang berjudul “Tidak Di Ka’bah Di Vatikan Atau Di Tembok Ratapan Tuhan Ada Di Hatimu karya Husein Ja’far Al-Hadar” yang mana pada pembelajaran dapat difungsikan sebagai penanaman nilai-nilai pendidikan Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan Islam yang terdapat pada buku tersebut. Sedangkan yang menjadi fokus pada penelitian ini adalah nilai-nilai Pendidikan Islam dalam “Tidak Di Ka’bah Di Vatikan Atau Di Tembok Ratapan Tuhan Ada Di Hatimu karya Husein Ja’far Al-Hadar.” Penelitian ini menggunakan metode penelitian kepustakaan (library research), mengambil sumber yang memiliki keterkaitan tema dengan judul menggunakan teknik Content Analysis atau analisis isi dan menggunakan pendekatan kualitatif deskriftif yaitu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati dengan cara mencari dan mengkaji nilai-nilai pendidikan Islam yang ada dalam buku “Tidak Di Ka’bah Di Vatikan Atau Di Tembok Ratapan Tuhan Ada Di Hatimu karya Husein Ja’far Al-Hadar.” Nilai-nilai pendidikan Islam memuat nilai akidah, nilai ibadah serta nilai akhlak yang terkandung dalam buku “ Tidak Di Ka’bah Di Vatikan Atau Di Tembok Ratapan Tuhan Ada Di Hatimu karya Husein Ja’far Al-Hadar.” Diuraikan secara urut dan diiringi setiap kutipan kemudian diklasifikasikan dalam bentuk tabel. Diperoleh kesimpulan pada aspek akidah,beriman kepada Allah, beriman kepada kitab Allah, dan beriman kepada Rasulullah. Pada aspek akhlak dengan menjaga sikap perilaku terhadap Allah SWT., orang tua, diri sendiri dan sesama makhluk. Dari aspek ibadah, yakni menjalankan shalat, berpuasa, dan selalu berdoa kepada Allah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wahid, Abdurrohmanwakhid.sm@gmail.comD91216089
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorJazil, SaifulUNSPECIFIED19612121993031003
Thesis advisorNiam, KhoirunUNSPECIFIED197007251996031004
Subjects: Pendidikan Islam
Keywords: Nilai-nilai pendidikan Islam; buku Tuhan ada di hatimu
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Abdurrohman Wahid
Date Deposited: 09 Nov 2022 07:00
Last Modified: 09 Nov 2022 07:00
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/57913

Actions (login required)

View Item View Item