Dukungan sosial dalam penyelesaian skripsi mahasiswa psikologi Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kamalia, Ainai Kamalia (2022) Dukungan sosial dalam penyelesaian skripsi mahasiswa psikologi Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ainani Kamalia_J01218005.pdf

Download (3MB)

Abstract

Mahasiswa menyelesaikan skripsi agar ia mendapatkan gelar sarjana. Dalam proses penyelesaian skripsi akan timbul permasalahan-permasalahan yang dialami oleh mahasiswa, agar permasalahan tersebut tidak mengakibatkan stress berkepanjangan mahasiswa membutuhkan dukungan sosial dari lingkungan sekitar, dengan harapan dukungan yang diberikan dapat membantu mahasiswa menghadapi problematika yang sedang dialami. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apasaja permasalahan yang dialami mahasiswa psikologi, bagaimana proses dalam mencari dukungan sosial, dan bagaimana bentuk dukungan social yang diterima mahasiswa psikologi ketika mengalami kesulitan dalam penyelesaian skripsi. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Hasil yang didapat menjelaskan bahwa mahasiswa psikologi mengalami beberapa masalah dalam menyelesaikan skripsi yaitu kurangnya management diri sendiri, keterbatasan kemampuan yang dimiliki dalam pembuatan karya ilmiah dan kurangnya motivasi untuk menyelesaikan skripsi(faktor internal), terkendala dalam konsultasi dengan dosen pembimbing(faktor eksternal). Disisi lain, terdapat proses mencari dukungan social yang dilakukan sehingga memunculkan motivasi untuk mencari dukungan social. Adapun bentuk dukungan social yang diterima meliputi factor emosional, informative, dan instrumental

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kamalia, Ainai Kamaliaainanikamalia06@gmail.comJ01218005
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRosyidi, Hamimhamimrosyidi@gmail.com2024086201
Subjects: Psikologi Sosial
Keywords: dukungan sosial; penyelesaian skripsi
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > Psikologi
Depositing User: Ainani Kamalia
Date Deposited: 08 Nov 2022 06:12
Last Modified: 08 Nov 2022 06:14
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/57929

Actions (login required)

View Item View Item