Strategi kepemimpinan kepala bidang pendidikan diniyah dan pondok pesantren (pontren) dalam meningkatkan loyalitas dan kinerja pegawai di kantor wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Astuti, Hana Putri Puji (2022) Strategi kepemimpinan kepala bidang pendidikan diniyah dan pondok pesantren (pontren) dalam meningkatkan loyalitas dan kinerja pegawai di kantor wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Hana Putri Puji Astuti_D93218086.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk menjawab fokus permasalahan yang diteliti yakni: (1) Bagaimana loyalitas dan kinerja pegawai PD. Pontren di Kanwil Kemenag Provinsi Jatim; (2) Bagaimana strategi kepemimpinan kepala bidang PD. Pontren meningkatkan loyalitas dan kinerja pegawai di Kanwil Kemenag Provinsi Jatim; (3) Bagaimana dampak penerapan strategi kepemimpinan meningkatkan loyalitas dan kinerja pegawai PD. Pontren di Kanwil Kemenag Provinsi Jatim. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif-deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala bidang, 3 kepala seksi, dan 4 pegawai PD. Pontren di Kanwil Kemenag Provinsi Jatim. Hasil temuan penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) loyalitas dan kinerja pegawai PD. Pontren di Kanwil Kemenag Provinsi Jatim ditunjukkan melalui mampu menyelesaikan tugas, kerjasama, disiplin kerja, dan mampu memberi pelayanan yang baik; (2) strategi kepemimpinan kepala bidang PD. Pontren Kanwil Kemenag Provinsi Jatim meningkatkan loyalitas dan kinerja pegawai dengan cara memberi motivasi kepada pegawai, membangun komunikasi efektif dengan pegawai, dan membina hubungan kerja yang baik, serta melakukan pengawasan terhadap kerja pegawai melalui rapat koordinasi; (3) dampak penerapan strategi kepemimpinan kepala bidang PD. Pontren Kanwil Kemenag Provinsi Jatim terhadap loyalitas dan kinerja pegawai dapat dilihat dari tercapainya target kerja, terjalinnya kerjasama yang baik antar pegawai, terciptanya suasana kekeluargaan dalam kerja, serta terjadinya pola hubungan timbal balik antar pegawai maupun atasan dengan bawahan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Astuti, Hana Putri Pujid93218086@uinsby.ac.idD93218086
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKholis, Nurnurkholis@uinsby.ac.id2011036701
Thesis advisorSulanam, Sulanamsulanam@uinsby.ac.id2030117901
Subjects: Budaya Organisasi
Sumber Daya Manusia
Kepemimpinan
Keywords: Strategi kepemimpinan; loyalitas pegawai; kinerja pegawai
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Hana Putri Puji Astuti
Date Deposited: 09 Nov 2022 06:30
Last Modified: 09 Nov 2022 06:30
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/57944

Actions (login required)

View Item View Item