Dinamika resiliensi putus cinta: studi fenomenologi pada korban ghosting

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Suhairi, Achmad (2022) Dinamika resiliensi putus cinta: studi fenomenologi pada korban ghosting. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Achmad Suhairi_J01218001.pdf

Download (1MB)

Abstract

Fenomena ghosting secara luas diartikan sebagai cara menghindari dan melepaskan diri dari hubungan tanpa menyertakan penjelasan. Psikolog Jennice Vilhauer mengatakan bahwa ghosting adalah perbuatan mendiamkan yang dalam psikologi dipandang sebagai kejahatan emosional. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan dinamika resiliensi individu yang menjadi korban ghosting. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan wawancara dan mendalam. Subjek penelitian ini adalah tiga remaja 18-22 tahun yang pernah menjadi korban ghosting. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisi data tematik. Dari penelitian ditemukan bahwa hanya satu subjek yang memiliki dinamika psikolgis yang baik, satu diantaranya memiliki dinamika psikologis yang cukup dan satu yang terakhir dinamika psikologis yang buruk. Hal tersebut meliputi pada tiga aspek dinamika psikologis, yaitu kognitif, afektif, dan perilaku setelah mengalami peristiwa ghosting

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Suhairi, Achmadj01218001@uinsby.ac.idJ01218001
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMukhoyyaroh, Tatiktatikfpk@uinsby.ac.id2011057603
Subjects: Psikologi
Psikologi Sosial
Remaja
Keywords: Dinamika Psikologis; ghosting; resiliensi
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > Psikologi
Depositing User: Achmad Suhairi Suhairi
Date Deposited: 09 Nov 2022 06:26
Last Modified: 09 Nov 2022 06:26
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/57946

Actions (login required)

View Item View Item