Nilai-nilai moderasi beragama dalam buku Pendar-Pendar Kebijaksanaan analisis wacana kritis Teun A.Van Dijk

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Pangesti, Triana nur (2022) Nilai-nilai moderasi beragama dalam buku Pendar-Pendar Kebijaksanaan analisis wacana kritis Teun A.Van Dijk. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Triana Nur Pangesti_E01218024.pdf

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini menganalisis nilai moderasi beragama di dalam buku pendar-pendar kebijaksanaan, sekaligus menganalisis secara kritis wacana buku pendar-pendar kebijaksanaan dalam menelaah nilai moderasi beragama. Skripsi ini akan menjawab dua pertanyaan, yaitu: pertama, Apasaja nilai-nilai moderasi beragama di dalam buku pendar-pendar kebijaksanaan? Kedua, bagaimana analisis wacana kritis Teun Adrianus Van Dijk menelaah nilai moderasi beragama di dalam buku pendar-pendar kebijaksanaan? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualiatif, dengan memakai teori analisis wacana kritis Teun A.Van Dijk yang terbagi dalam tiga dimensi, yaitu teks, kognisi sosial, dan konteks sosial. Data diperoleh dari observasi dan literatur kepustakaan yang relevan dengan tema kajian. Hasil dari pertanyaan diatas menemukan jawaban pertama, moderasi beragama di dalam buku pendar-pendar kebijaksanaan adalah upaya menguatkan pemahaman beragama yang moderat di tengah masyarakat, diantaranya penguatan moderasi beragama melalui pemahaman nilai-nilai moderasi beragama yaitu tawassuth, tawazun, i’tidal, tasamuh, musawah, syura, ishlah, aulawiyah, tathawwur wa ibtikar. Kedua, dalam segi teks, nilai moderasi beragama mengungkapkan akan pentingnya pemahaman nilai beragama yang moderat bagi setiap masyarakat, dengan adanya nilai moderasi maka akan menciptakan sikap dalam memahami, menyemai persatuan dan kesatuan diantara umat beragama. Dalam segi kognisi sosial, buku pendar-pendar kebijaksanaan menunjukan sikap hati-hati dan waspada dalam mengomentari atau bahkan mendeskripsikan mengenai bentuk wacana yang berada disosial media dan lingkungan masyarakat, sehingga penulis buku pendar-pendar kebijaksanaan yaitu KH. Husein Muhammad mencoba mengangkat pembahasan berupa penguatan kemoderatan pada bab III Islam anti caci-maki yang rentan dimasuki pemahaman non-moderat. Sedangkan dalam konteks sosial, buku pendar-pendar kebijaksanaan adalah karya tulis yang mencoba untuk mendeskripsikan nilai-nilai moderasi beragma agar memperkuat pemahaman moderat kepada masyarakat, tidak lain merupakan bentuk upaya dalam merawat keragaman, persatuan dan perdamaian seluruh agama. Dengan demikian, besar harapan agar mampu mengambil jalan tengah dalam perpecahan dan kerusakan akibat pemahaman yang salah, salah satunya bentuk radikal,ekstreamisme yang bertentangan dengan dasar Negara.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Pangesti, Triana nure01218024@uinsby.ac.idE01218024
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRochmawati, Idaida2rahma@gmail.com2123017602
Subjects: Aqidah
Aqidah
Wajib Belajar > Aqidah

Islam
Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Nilai-nilai moderasi beragama; analisis wacana kritis
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: TRIANA NUR PANGESTI
Date Deposited: 09 Nov 2022 14:20
Last Modified: 09 Nov 2022 14:20
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/57977

Actions (login required)

View Item View Item