Optimalisasi pengelolaan sampah di Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Trosobo Kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zonatha, Bendraz (2022) Optimalisasi pengelolaan sampah di Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Trosobo Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Bendraz Zonatha_H05218007 ok.pdf

Download (5MB)

Abstract

TPST Trosobo merupakan salah satu tempat pengolahan sampah yang terdapat di Kabupaten Sidoarjo, tepatnya di Desa Trosobo, Kecamatan Taman. TPST Trosobo dinilai kurang optimal dalam melakukan pengolahan sampah serta persyaratan teknis TPST yang tidak memenuhi Permen PUPR No.3/PRT/M/2013. Tujuan dari penelitian ini adalah menentukan strategi optimalisasi pengelolaan sampah di TPST Trosobo dengan menganlisis kondisi eksisting TPST serta menentukan besar nilai komposisi, timbulan serta densitas sampah di TPST Trosobo. Sampling dilakukan untuk menghitung jumlah volume, timbulan, komposisi, dan densitas sampah berdasarkan SNI 19-3964-1994 selama 8 hari berturut-turut. Pada optimalisasi aspek teknis, dilakukan analisis lapangan mengenai kondisi eksisting yang selanjutnya diberi rekomendasi sesuai Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor 3 Tahun 2013. Pada aspek non teknis berupa finansial dan kelembagaan, dilakukan dengan menyebar kuisioner pada petugas TPST Trosobo menggunakan metode rating scale. Berdasarkan hasil penelitian, besar timbulan di TPST Trosobo yaitu 8391 kg/hari, densitas rata-rata 275.5 kg/m3, dan komposisi sampah paling besar yaitu sampah organic dengan persentase 64% dari seluruh jenis sampah. Dari hasil analisis tersebut, pengoptimalan TPST Trosobo memerlukan adanya jembatan timbang, penambahan P3K, penambahan area pengolahan daur ulang, tempat ibadah, tempat cuci kendaraan, area penerimaan sampah sebesar 20% dari luas TPST, area pencampuran, dan area residu serta penambahan akat conveyor dan mesin pencacah crusher. Pada aspek non teknis, TPST Trosobo memerlukan adanya SOP cara kerja, SOP penggunaan alat, perencanaan penjualan pupuk hasil TPST, pembentukan KSM serta edukasi kepada masyarakat untuk pemilahan sampah dari rumah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zonatha, Bendrazbenzo111299@gmail.comH05218007
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorWazna Auvaria, Shinfishinfiwazna@uinsby.ac.id2028038601
Thesis advisorPribadi, Arqowiarqowi.pribadi@uinsby.ac.id2003018701
Subjects: Teknik Lingkungan
Keywords: TPST; optimalisasi; aspek teknis; aspek non teknis
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Tehnik Lingkungan
Depositing User: Bendraz Zonatha
Date Deposited: 09 Nov 2022 08:10
Last Modified: 09 Nov 2022 08:10
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/57978

Actions (login required)

View Item View Item