This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Wulandari, Dwi Suci (2022) Strategi guru dalam menyeimbangkan pembelajaran akhlak dan iptek pada santri di pondok pesantren Manba’ul Falah Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Dwi Suci Wulandari_D91217089.pdf Download (11MB) |
Abstract
Seiring dengan perkembangan media informasi dan teknologi di era Milenial ini, otomatis juga memunculkan persoalan-persoalan baru yang sangat perlu untuk dikaji, dicarikan landasan hukum dan solusinya, terutama hal-hal yang berkaitan dengan hukum dan hal lain yang berhubungan erat dengan prinsip beragama dan perilaku perbuatan sehari-hari. Mudahnya mengakses konten, media dan banyaknya situs di dunia maya yang tumbuh pesat ini bagaikan pisau bermata dua yang bisa berdampak positif, namun juga bisa berdampak negatif bagi yang kurang memadai dalam pondasi keagamaan yang kuat. Jika perkembangan media informasi dan teknologi ini tidak diimbangi oleh pengetahuan agama yang memadai, maka akan berbahaya dan sulit untuk membendung dampak kerusakan yang ditimbulkkannya. Karena siapa pun bisa menulis, membaca, dan mengikuti apa dan siapa saja yang diinginkannya. Namun, di sisi lain, apabila perkembangan media informasi dan teknologi ini bisa dimanfaatkan dengan baik, maka kemaslahatannya pasti akan sangat banyak dan luas, bahkan bisa menjadi amal jariyah bagi kita semua. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) untuk mengetahui strategi guru dalam menyeimbangkan pembelajaran akhlak dan iptek pada santri di pondok pesantren manba’ul falah surabaya. (2) untuk mengetahui faktor pendukung bagi guru dalam menyeimbangkan pembelajaran akhlak dan iptek pada santri di pondok pesantren manba’ul falah surabaya. (3) untuk mengetahui faktor penghambat bagi guru dan mengetahui solusinya dalam menyeimbangkan pembelajaran akhlak dan iptek pada santri di pondok pesantren manba’ul falah surabaya. Metodologi yang digunakan adalah pendekatan penelitian kualitatif berupa studi lapangan. Instrumen kunci adalah peneliti sendiri, dan teknik pengumpulan data dilaksanakan melalui observasi, wawancara, dan metode pengumpulan data lainnya. Data dianalisis dengan cara mereduksi data, memaparkan data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) strategi guru dalam menyeimbangkan pembelajaran akhlak dan iptek pada santri yakni dengan mengadakan kegiatan pelatihan digital ke beberapa santri yang mempunyai minat dan bakat di bidang teknologi. (2) Faktor yang menjadi pendukung keberhasilan dari kegiatan-kegiatan yaitu SDM atau disebut dengan tim work, dan sarana prasarana. (3) Faktor yang menjadi penghambat keberhasilan dari kegiatan adalah sesuatu yang menghambat SDM dan sesuatu menghambat sarana prasarana. Dan solusinya bisa teratasi seiring berjalannya waktu.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Adab Metode Pembelajaran Agama > Agama dan Ilmu Pengetahuan |
||||||||||||
Keywords: | strategi guru; strategi pembelajaran; akhlak; IPTEK; santri; pondok pesantren | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | Dwi Suci Wulandari | ||||||||||||
Date Deposited: | 21 Nov 2022 06:55 | ||||||||||||
Last Modified: | 21 Nov 2022 06:55 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/57982 |
Actions (login required)
View Item |