Posisi terlentang dengan meletakkan satu kaki diatas kaki lainnya: kajian mukhtalif al-hadith

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Dahri, Moch. (2022) Posisi terlentang dengan meletakkan satu kaki diatas kaki lainnya: kajian mukhtalif al-hadith. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Moch. Dahri_E95217065.pdf

Download (2MB)

Abstract

Posisi terlentang dengan meletakkan satu kaki adalah posisi yang nyaman untuk sebagian orang yang ingin mengistirahatkan tubuhnya dari lelahnya bekerja dengan tujuan bersantai, hadis yang menjelaskan tentang posisi terlentang dengan meletakkan satu kaki dalam kajian mukhtalif hadis. Kedua hadis ini secara lahirianya tampak bertentangan, untuk kemudian dengan cara menghilangkan pertentangan tersebut harus mendapatkan pengkompromian. Penelitian ini juga meliputi kajian pada kritik sanad dan kritik matan beserta pada kehujjahannya. Pengkompromian dalam menyikapi hadis posisi terlentang dengan meletakkan satu kaki dan implikasi hadis tersebut jika diterapkan pada masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan kualitas dan Kehujjahan hadis serta pengkompromian dalam menyikapi hadis tersebut. Penelitian ini menggunakan penelitian kepustakaan (Library Reserch). Sehingga cara untuk mengumpulkan data-data berasal dari buku-buku, kitab dan jurnal. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif komparatif. Adapun kesimpulan dari penelitian ini. Kualitas hadis tentang Posisi terlentang dengan meletakkan satu kaki, memiliki derajat sahih pada matan dan hasan pada sanad. Mengkompromikan dua hadis yang bertentangan sehingga bisa dikompromikan. Kontribusi al-Tirmidhi terhadap perkembangan hadis dan kontribusi terhadap perkembangan ilmu hadis serta penerapan istilah-istilah seperti penyebutan hadis hasan, juga penyebutan hasan sahih. Al-Tirmidhi juga mengomentari dalam kitabnya, kedua hadis tersebut diberi komentar sahih dan juga diberi komentar hadha hadithun Hasanun Sahihun.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Dahri, Moch.dahriaelah99@gmail.comE95217065
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFadlilah, Nurnurfadlilah.uinsa@gmail.com2031015801
Subjects: Adab
Hadis
Keywords: Posisi terlentang; Sunan al-Tirmidhi; Mukhtalif al-Hadis; Hasan Sahih; kompromi
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Hadis
Depositing User: Moch. Dahri
Date Deposited: 11 Nov 2022 02:13
Last Modified: 11 Nov 2022 02:13
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/57988

Actions (login required)

View Item View Item