Analisis total mikroba dan cemaran bakteri Escherichia Coli pada peralatan makan di kantin X

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Safitri, Gita Ika (2022) Analisis total mikroba dan cemaran bakteri Escherichia Coli pada peralatan makan di kantin X. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Gita Ika Safitri_H91218042.pdf

Download (2MB)

Abstract

Makanan dan minuman yang kita konsumsi dapat menjadi sumber penyebaran penyakit (Foodborne disease) jika tercemar oleh mikroba patogen. Salah satu cemaran pada makanan dan minuman berasal dari peralatan makan yang kita gunakan saat mengkonsumsi makanan dan minuman tersebut. Peralatan makan dengan sanitasi yang tidak baik akan menimbulkan cemaran mikroba patogen yang terbawa hingga ke makanan dan minuman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai cemaran mikroba dan mengetahui ada atau tidaknya cemaran bakteri Escherichia coli pada peralatan makan di ketiga kantin X. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang menggunakan dua metode, metode pertama menggunakan TPC (Total Plate Count) untuk melihat jumlah mikroba total dan media EMB (Eosin Methylene Blue) untuk mengetahui ada atau tidaknya bakteri Escherichia coli. Metode kedua dengan observasi dan wawancara untuk mengetahui gambaran higiene dan sanitasi di ketiga kantin. Hasil penelitian jumlah cemaran mikroba menunjukkan dari 5 peralatan makan di tiga kantin yang diteliti, ditemukan satu peralatan makan di kantin C yang tidak terdapat cemaran bakteri yaitu sendok makan, sedangkan untuk peralatan makan yang lain terdapat cemaran bakteri. Jumlah cemaran tertinggi terdapat pada sampel peralatan makan garpu di kantin B sebesar 1,5x105 cfu/cm2 sedangkan jumlah cemaran terendah pada peralatan makan gelas di kantin C sebesar 3,6x101 cfu/cm2. Pada hasil identifikasi cemaran bakteri Escherichia coli, dari kelima sampel peralatan di kantin A, B dan C tidak ditemukan cemaran bakteri Escherichia coli, namun terdapat cemaran bakteri yang masih satu famili (Enterobacteriaceae) dengan Escherichia coli yaitu bakteri Enterobacter sp., Klebsiella sp., dan Proteus sp.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Safitri, Gita Ikagitaika070100@gmail.comH91218042
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorTyastirin, Estiesty@uinsby.ac.id2024068702
Thesis advisorFaizah, Hanikhanikfaizah@uinsby.ac.id201409019
Subjects: Biologi
Keywords: Peralatan makan; kantin; TPC; bakteri Escherichia coli
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Biologi
Depositing User: Gita Ika Safitri
Date Deposited: 14 Nov 2022 04:37
Last Modified: 14 Nov 2022 04:37
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/57992

Actions (login required)

View Item View Item