Pengaruh paham keagamaan Salafi terhadap Aisyiyah Kota Surabaya: perspektif fenomenologi Alferd Schutz

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nihaya, Khusnun (2022) Pengaruh paham keagamaan Salafi terhadap Aisyiyah Kota Surabaya: perspektif fenomenologi Alferd Schutz. Undergraduate thesis, UIN Sunan ampel SBY.

[img] Text
Khusnun nihaya_E71218044.pdf

Download (890kB)

Abstract

Aisyiyah merupakan salah satu gerakan idiologis perempuan di bawah salah satu organasisai struktural terbesar di Indonesia yakni Muhammadiyah. Kiprah Aisyiyah sejak berdirinya (1917) hingga sekarang telah banyak mengalami pertumbuhan dan perkembangan. Sebagai organisasi yang memiliki hak otonom, Aisyiyah secara mandiri mengelola organisasinya sendiri dan tetap bertanggungjawab kepada Muhammadiyah. Dalam penelitian ini, peneliti hanya fokus terhadap Aisyiyah kota Surabaya sebagai objek material penelitian. Dari beberapa kajian dan diskusi yang di gelar oleh Aisyiyah, tampak dari alur pembahasannya mengarah pada wacana pemikiran baru, seperti pluralisme, kritik terhadap pemikiran Islam klasik serta ingin mendekontruksi pemikirian-pemikiran dan teks-teks terdahulu. Dari pengamatan tersebut, peneliti mengindikasi bahwa ada perbedaan pemikiran Islam Reformis dan Islam Revivalis yang juga terjadi di dalam kader Aisyiyah kota Surabaya. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan teori fenomenolog Alfred Schoutz sebagai pisau analisis terhadap fenomena tersebut. Kajian dalam penelitian ini menggunakan model deskriptif analisis berbasis library research dengan mengambil data-datayang bersumber dari data primer, maupun data sekunder. Adapun temuan dalam penelitian ini, yaitu di dalam kader Aisyiyah terdapat pengaruh paham salafi reformis dan revivalis. Adapun yang mempengaruhi corak pemikiran tersebut dalam pandangan teori fenomenologi Alfred Schoutz yaitu lingkungan budaya, seperti pendidikan, referensi bacaan, dan interaksi sosial. Kendati demikian, masuknya berbagai pemikiran di dalam organisasi Aisyiyah, sejatinya malah menjadikan organisasi tersebut semakin modernis. Hal ini tampak dari tujuan mereka yang sama-sama untuk menjaga organisasi Aisyiyah dengan mengembalikan semua permasalahan kepada Al-Qur’an dan As-Sunnah yang merupakan pedoman utama.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nihaya, Khusnune71218044@uinsby.ac.idE71218044
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAnshori, Isai.anshori@yahoo.com0704067302
Subjects: Budaya Organisasi
Budaya - Agama
Emansipasi wanita
Keywords: Aisyiyah; Salafi Reformis; Salafi Revivalis
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: KHUSNUN NIHAYA
Date Deposited: 17 Mar 2023 08:01
Last Modified: 17 Mar 2023 08:01
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/58002

Actions (login required)

View Item View Item