Hegemoni Patriarki pada otoritas ulama perempuan : studi pandangan KH. Husein Muhammad perspektif hermeneutika Hans George Gadamer

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Antika, Wilda (2022) Hegemoni Patriarki pada otoritas ulama perempuan : studi pandangan KH. Husein Muhammad perspektif hermeneutika Hans George Gadamer. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Wilda Antika_E91218105.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kesetaraan gender menjadi penting seiring dengan berkembangnya zaman serta perempuan yang sering dikaitkan dengan agama. Dalam hal ini, penting untuk dihadirkan ke publik, mengingat banyak ungkapan-ungkapan pengarang terkait kesetaraan dan hegemoni patriarki. Peneliti menggunakan teori Hermeneutka Hans George Gadamer dalam menganalisis buku tersebut. Permasalahan utama skripsi ini; pertama, bagaimana hegemoni patriarki pada otoritas ulama perempuan dalam buku perempuan ulama di atas panggung sejarah; kedua, bagaimana hegemoni patriarki pada otoritas ulama perempuan dalam buku perempuan ulama di atas panggung sejarah perspektif teori hermeneutika Hans George Gadamer. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan metode Library Research. Hasil penelitian skripsi ini didapatkan melalui ungkapan-ungkapan KH. Husein Muhammad dalam buku karyanya tersebut. hegemoni patriarki tidak hanya wacana yang diungkapkan dalam bukunya melainkan masalah perempuan yang tidak mendapatkan haknya serta terlupakan dalam sejarah. Hegemoni patriarki yang terdapat dalam buku tersebut dibangun melalui pra-pemahaman tentang kesetaraan perempuan, kemudian disempurnakan melalui sejarah penulis yang dilatarbelakangi pondok pesantren, dia juga kapabel dalam kajian gender. Penafsir memahami adanya pengetahuan baru terkait adanya sebagian perempuan ulama di dunia dengan kemampuan intelektual setara dengan laki-laki tetapi perempuan mengalami keterasingan dalam sejarah Islam dijelaskan dalam karya buku KH. Husein Muhammad.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Antika, Wildawildaantika06@gmail.comE91218105
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRochmawati, Idaida2rahma@Gmail.com197601232005012004
Subjects: Gender
Wanita dalam Islam
Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Hegemoni Patriarki; Hermeneutika Gadamer; Perempuan Ulama di Atas Panggung Sejarah
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: WILDA ANTIKA
Date Deposited: 11 Nov 2022 05:24
Last Modified: 11 Nov 2022 05:24
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/58014

Actions (login required)

View Item View Item