Pluralisme dalam prespektif etnis tionghoa, arab dan jawa di Desa Pulopancikan Kecamatan Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ilmiah, Silfina Chusnul (2022) Pluralisme dalam prespektif etnis tionghoa, arab dan jawa di Desa Pulopancikan Kecamatan Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Silfina Chusnul Ilmiah_E02218021.pdf

Download (5MB)

Abstract

Pluralisme di desa Pulopancikan Gresik menjadi isu pembahasan yang menarik di tengah berkembangnya isu fundamentalisme dan rasisme terhadap agama tertentu. Dalam penelitian ini, yang menjadi dua fokus utama adalah tentang makna pluralisme menurut etnis Tionghoa, Jawa, dan Arab. Serta, menjelaskan terkait bagaimana model dialog yang efektif dalam mewujudkan kerukunan umat beragama. Pertama, penekanan pluralisme beragama terletak pada bagaimana pengamalan akhlak keagamaan kita bermanfaat bagi kebaikan orang lain, namun hal tersebut bukan semata-mata disalahartikan sebagai persoalan sebuah kompromi akidah. Kedua, model dialog yang efektif pada masyarakat desa Pulopancikan Gresik dalam menciptakan kerukunan umat beragama adalah, dialog antar masyarakat (dialogue in community), dan dialog kehidupan (dialogue of life). Dalam hal ini, masyarakat desa Pulopancikan Gresik dengan wadah Forum Komunikasi Umat Beragama (FORGAMA) berupaya mengelola keberagaman menjadi nilai “kebersamaan” yang saling melengkapi satu sama lain dipraktekkan dengan saling bergotong-royong dalam membangun desa yang maju, nyaman dan damai.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ilmiah, Silfina Chusnulsilvinavani0104@gmail.comE02218021
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisoryaqin, haqqulhaqqulyaqin@uinsby.ac.id2113027201
Subjects: Pluralisme
Keywords: Pluralisme; dialogue in community; dialogue of life
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Studi Agama - Agama
Depositing User: Silfina chusnul Ilmiah
Date Deposited: 10 Jul 2023 07:34
Last Modified: 10 Jul 2023 07:34
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/58028

Actions (login required)

View Item View Item