This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Walidah, Ziyanah (2016) UPAYA GURU PAI MELALUI PENANAMAN NILAI KEAGAMAAN DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN SPIRITUAL SISWA KELAS 8 SMP ISLAM SIDOARJO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (806kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (555kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (594kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (4MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (11MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (5MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (12MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (855kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (929kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kecerdasan spiritual siswa yang masih belum stabil dalam masalah nilai akhlak yang mana akan mempengaruhi siswa lain yang memiliki jiwa spiritual yang tinggi sehingga masalah ini menarik bagipenulis untuk dijadikan sebagai judul penelitian, karena hal ini berkaitan dengan proses kelancaran belajar mengajar pada keberhasilan akhlak siswa yang berlatar belakang sekolah islam. Dalam hal ini guru agama sangat diperlukan dalam penanaman nilai keagamaan untuk mengembangkan kecerdasan spiritual siswa.
Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis kondisi kecerdasan spiritual siswa kelas 8 SMP Islam Sidoarjo, juga mendeskripsikan dan menganalisis upaya pihak sekolah dalam mengembangkan kecerdasan spiritual melalui penanaman nilai keagamaan. Untuk mencapai tujuan tersebut penulis menggunakan metode deskriptif kualitatif. Pengambilan data yang dilakukan dengan tehnik wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Pengertian penanaman nilai keagamaan adalah suatu proses berupa kegiatan atau usaha yang dilakukan dengan sadar, terencana, dan dapat dipertanggungjawabkan untuk memelihara, melatih, membimbing, mengarahkan, dan meningkatkan pengetahuan keagamaan, kecakapan sosial, dan praktek serta sikap keagamaan anak (aqidah/tauhid, ibadah dan akhlak) yang selanjutnya dapat mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. Berbagai penanaman nilai keagamaan yang telah dilaksanakan oleh pihak sekolah menjadikan metode pembiasaan sudah terjadi secara otomatis dalm jiwa pribadi siswa.
Hasil penelitian ini adalah bahwa setelah mendapat penanaman nilai keagamaan ditingkatkan kondisi kecerdasan spiritual siswa semakin berkembang, baik nilai akhlak yang mencakup moral dan tingkah laku, nilai ketauhidan yang berbentuk kepercayaan terhadap tuhan-Nya,menghafal asma’ul Husna atau nilai ibadah yang meliputi ibadah2 sholat berjama’ah, membaca Al-Qur’an setiap hari, infaq. Diantara penanaman nilai keagamaan tersebut sudah berhasil dilaksanakan guna untuk mengembangkan kecerdasan spiritual yang kondisinya masih labil.
Adapun hasil dari penanaman nilai keagamaan yang dilakukan oleh guru agama beserta pihak sekolah sangatlah berhasil. Tingkat kecerdasan spiritual yang masih rendah kini semakin berkembang dikarenakan siswa SMP Islam Sidoarjo mampu melaksanakan dan mengamalkan nilai-nilai keagamaan secara optimal. Seperti contoh selama ini siswa dapat melaksanakan sholat dhuha berjamaah dengan istiqomah, Semua siswa terbiasa berjabat tangan saat bertemuguru,Semua siswa terbiasa bersilaturahim ke rumah teman yang mengalami kesusahan, sudah berhasil dilaksanakan secara istiqomah oleh semua siswa/ SMP Islam Sidoarjo.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Akhlak Akhlak > Akhlak Mulia |
||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | ziyanah walidah | ||||||
Date Deposited: | 14 Apr 2016 07:05 | ||||||
Last Modified: | 14 Apr 2016 07:05 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/5803 |
Actions (login required)
View Item |