Moderasi beragama melalui dark jokes pada youtube pemuda tersesat perspektif teori language games

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Janah, Haydar Azzayidatin (2022) Moderasi beragama melalui dark jokes pada youtube pemuda tersesat perspektif teori language games. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Haydar Azzayidatin Janah_E91218076.pdf

Download (2MB)

Abstract

Dakwah Pemuda Tersesat merupakan sebuah virtual dakwah di youtube terlahir dari kolaborasi antara kanal youtube Majelis Lucu Indonesia dan Jeda Nulis. Dakwah Pemuda Tersesat ini digandrungi oleh masyarakat sekarang ini. Konten kolaborasi ini dibawakan oleh seorang da’i yaitu Husein Ja’far dan dua komedian yaitu Tretan Muslim dan Coki Pardede merupakan duo kontroversial karena mereka merupakan komedian bergenre humor gelap. Pembawaan dakwah mereka menggunakan strategi humor sehingga banyak yang menyukai dakwah Pemuda Tersesat ini. Akan tetapi yang dibawakan oleh mereka merupakan humor gelap yang sering disebut sebagai dark jokes. Humor gelap ini merupakan humor yang dianggap sebagai pembahasan yang sensitif karena mengangkat hal tabu di lingkungan masyarakat. Oleh sebab itu adanya dakwah Pemuda Tesesat ini menimbulkan adanya pro dan kontra. Adanya permasalahan ini penulis berusaha menganalisis melalui teori language games dari Ludwig Wittgenstein. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan analisis konten. Dari hasil penelitian ini dapat ditemukan bahwa berdakwah dengan menyelipkan humor gelap terdapat adanya fungsi sebagai penawar paham radikalisme maupun liberalisme.

Kata Kunci: video youtube kultum pemuda tersesat, language games, humor gelap

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Janah, Haydar Azzayidatinhaydarazza30@gmail.comE71218053
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorWarsito, Loekisno Choirilluckys.no@gmail.com2027036302
Subjects: Filsafat
Keywords: video youtube kultum pemuda tersesat; language games; humor gelap
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Haydar Azzayidatin Janah
Date Deposited: 15 Nov 2022 03:33
Last Modified: 15 Nov 2022 03:33
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/58038

Actions (login required)

View Item View Item