Fenomena salafi Wahabi di media sosial: studi tentang respons K.H. Ma’ruf Khozin terhadap akidah kelompok salafi Wahabi perspektif teori framing Robert N. Entman

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Auliya', Muhammad Fariq (2022) Fenomena salafi Wahabi di media sosial: studi tentang respons K.H. Ma’ruf Khozin terhadap akidah kelompok salafi Wahabi perspektif teori framing Robert N. Entman. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Fariq Auliya'_E91217043 ok.pdf

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengulas fenomena Salafi Wahabi di media sosial. Fenomena tentang Salafi Wahabi di media sosial hadir atas perkembangan teknologi informasi yang kini masuk pada era digital. Yaitu era ketika informasi dapat diperoleh secara langsung dan dapat diakses dari manapun. Perbedaan dakwah melalui media sosial dengan dakwah secara konvensional, yakni dai muda di media sosial harus menjadi trendsetter untuk mendapatkan atensi dari pengguna media sosial sehingga tujuan dakwah dapat diterima oleh audience. Penelitian ini juga bertujuan untuk menganalisis respons K.H. Ma’ruf Khozin mengenai masalah akidah pada kelompok Salafi Wahabi yang diunggah di media sosial Facebook miliknya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan metode analisis Framing Robert N. Entman dalam menganalisis respons K.H. Ma’ruf Khozin terhadap akidah kelompok Salafi Wahabi. Penelitian ini menggunakan dua perangkat utama yakni seleksi isu dan penonjolan aspek, serta menggunakan empat konsep pokok yaitu: define problem; diagnose cause; make moral judgement; dan treatment recommendation. Penelitian ini berkesimpulan bahwa akidah Salafi Wahabi yang direpons oleh K.H. Ma'ruf Khozin menghasilkan perbedaan yang diakibatkan oleh sumber hukum yang digunakan. Salafi Wahabi hanya menggunakan sumber rujukan dalil hadis yang sahih saja; serta fatwa yang bersumber dari ulama yang mereka ikuti saja. Sedangkan sumber yang digunakan oleh K.H. Ma'ruf Khozin berasal dari beberapa dalil hadis yang tidak hanya berstatus sahih; dan kitab-kitab dari ulama rujukan kelompok Nahdlatul Ulama maupun ulama rujukan kelompok Salafi Wahabi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Auliya', Muhammad Fariqpublicmail.fariq@gmail.comE91217043
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMuktafi, Muktafi-2013086001
Subjects: Aqidah
Aqidah
Wajib Belajar > Aqidah

Filsafat > Filsafat Islam
Keywords: Salafi Wahabi di media sosial; respons terhadap akidah salafi Wahabi; framing Robert N. Entman
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Muhammad Fariq Auliya'
Date Deposited: 14 Nov 2022 07:48
Last Modified: 14 Nov 2022 07:48
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/58052

Actions (login required)

View Item View Item