Pandangan buya Yahya tentang toleransi dan pluralisme pada akun youtube Al-Bahjah TV perspektif hermeneutika Jorge J.E. Gracia

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Shobirin, Muhammad Yusuf (2022) Pandangan buya Yahya tentang toleransi dan pluralisme pada akun youtube Al-Bahjah TV perspektif hermeneutika Jorge J.E. Gracia. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Yusuf Shobirin_E91218089.pdf

Download (2MB)

Abstract

Masyarakat Indonesia terkenal dengan kemajemukan dan keberagaman agama. Tentu setiap agama memiliki kecenderungan masing-masing yang berpotensi melahirkan konflik. Konflik yang terjadi di kalangan umat beragama lebih disebabkan kesalahan dalam memahami agama sehingga menyebabkan intoleransi. Intoleransi akan mencederai keharmonisan, keberagaman serta dapat menimbulkan perpecahan. Penelitian ini akan mengulas pandangan Buya Yahya tentang toleransi dan pluralisme pada akun youtube al-Bahjah TV. Kemudian, akan menganalisis pandangan Buya Yahya dengan perspektif Jorge J.E. Gracia. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan kepustakaan. Hasil Penelitian menemukan, Pertama fungsi historis memberi pemahaman mengenai latar belakang pandangan Buya Yahya tentang toleransi dan pluralisme. Kedua fungsi makna memberi pemahaman bahwa Islam memberikan kebebasan dalam berkeyakinan, dalam menjalankan agama tentu harus berdasarkan pada kesadaran diri sendiri. Dan ketiga fungsi implikasi, ajaran Islam sangat relevan bagi seluruh umat manusia termasuk pada umat yang berbeda dalam keyakinan, Islam senantiasa menjunjung tinggi kesetaraan dan persamaan sesama manusia.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Shobirin, Muhammad Yusufklikbirin@gmail.comE91218089
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMahzumi, Fikrifikrimahzumi@uinsby.ac.id2115048201
Subjects: Pluralisme
Toleransi
Keywords: Toleransi; pluralisme; hermeneutika Jorge Gracia
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Muhammad Yusuf Shobirin
Date Deposited: 15 Nov 2022 04:26
Last Modified: 15 Nov 2022 04:26
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/58056

Actions (login required)

View Item View Item