Analisis faktor penyebab rendahnya kemampuan peserta didik dalam menggunakan bahasa Jawa krama inggil di kelas IV MIN 1 Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Anggraini, Devi (2022) Analisis faktor penyebab rendahnya kemampuan peserta didik dalam menggunakan bahasa Jawa krama inggil di kelas IV MIN 1 Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Devi Anggraini_D07218006.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh faktor penyebab rendahnya kemampuan peserta didik dalam menggunakan bahasa Jawa Krama Inggil. Peserta didik lebih sering berbicara dengan lawan bicara menggunakan bahasa Jawa ragam ngoko dan campuran bahasa indonesia. Hal ini dinilai kurang tepat dalam penggunaan bahasa Jawa. Memudarnya kemampuan anak dalam menggunakan bahasa Jawa ragam krama perlu disikapi dengan serius. Karena anak-anak merupakan generasi penerus yang diharapkan untuk tetap mampu menjaga kelestarian bahasa Jawa.Fokus penelitian yang dikaji dalam skripsi ini dalam menganalisis faktor penyebab rendahnya kemampuan peserta didik dalam menggunakan bahasa Jawa Krama Inggil dapat dirumuskan dengan pertanyaan-pertanyaan sebagai berikut: (1) Bagaimana penggunaan peserta didik kelas IV dalam penggunaan bahasa Krama Inggil MIN 1 Gresik di lingkungan sekolah dan dirumah? (2) Bagaimana cara guru dalam mengajarkan bahasa Krama Inggil peserta didik kelas IV MIN 1 Gresik? Skripsi ini disusun menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber data dari penelitian ini adalah sumber data primer yaitu peserta didik, guru dan orang tua peserta didik, serta masyarakat sekitar sebagai pendukung hasil penelitian. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data analisis dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan temuan menggunakan perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan dalam penelitian, dan triangulasi Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : (1) Penggunaan bahasa sehari- hari peserta didik kelas IVB di MIN 1 Gresik sangat beragam diantaranya: peserta didik dengan peserta didik menggunakan bahasa Jawa ngoko, peserta didik dengan guru yang menggunakan bahasa Jawa ragam krama maupun bahasa Jawa ragam ngoko, ada juga yang menggunakan bahasa campuran antara bahasa Jawa dengan bahasa Indonesia. Selain itu, pembiasaan bahasa Jawa dilakukan ketika adanya jadwal pelajaran bahasa Jawa. (2) faktor rendahnya kemampuan peserta didik dalam berbahasa Jawa krama inggil. Hal ini disebabkan adanya faktor internal dan eksternal (3) dalam problem ini guru mengatasi rendahnya kemampuan peserta didik dalam berbahasa krama inggil antara lain : dengan memberikan teguran, pembiasaan, serta konsisten dengan program yang dilakukan setiap kali pertemuan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Anggraini, Devidevianggrainid07218006@gmai.comD07218006
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorTamwifi, Irfanirf.tamwifi@gmail.com197001022005011050
Thesis advisorPangastuti, Ratnaratnapangastuti@hotmail.com198111032015032003
Subjects: Anak
Keterampilan
Keywords: Analisis faktor penyebab; kemampuan peserta didik; krama inggil
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Devi Anggraini
Date Deposited: 24 Nov 2022 02:42
Last Modified: 24 Nov 2022 03:43
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/58064

Actions (login required)

View Item View Item