Identifikasi faktor-faktor penyebab prokrastinasi akademik siswa dalam menyelesaikan tugas Matematika dilihat dari self esteem dan self efficacy-nya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Masruroh, Churul Ainy (2022) Identifikasi faktor-faktor penyebab prokrastinasi akademik siswa dalam menyelesaikan tugas Matematika dilihat dari self esteem dan self efficacy-nya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Churul Ainy Masruroh_D74215034 ok.pdf

Download (2MB)

Abstract

Prokrastinasi akademik merupakan suatu bentuk perilaku kecenderungan menunda secara sengaja dan berulang-ulang dalam mengerjakan atau menyelesaikan tugas yang berkaitan dengan bidang akademik dengan melakukan aktivitas lain yang lebih menyenangkan. Perilaku ini dapat menyebabkan prestasi siswa dalam bidang akademik khususnya matematika akan terganggu. Hal ini karena kurangnya pemenuhan tugas matematika siswa di sekolah akibat adanya perilaku prokrastinasi akademik siswa. Faktor-faktor yang menjadi penyebab prokrastinasi akademik telah banyak diteliti oleh para ahli dengan tujuan untuk menekan tingginya prokrastinasi akademik siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan keterkaitan dan menguji kontribusi antara self efficacy dan self esteem dengan prokrastinasi akademik siswa dalam menyelesaikan tugas matematika. Selain itu untuk menentukan apa saja yang menjadi faktor penyebab prokrastinasi akademik siswa dalam menyelesaikan tugas matematika dilihat dari self esteem dan self efficacy-nya. Penelitian ini menggunakan model Structural Equation Modeling (SEM) dengan bantuan software Lisrel (Linear Structural Relationship) versi 8.8 for student dalam analisis data. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sebanyak 59 siswa kelas VIII SMPN 1 Gedangan. Penentuan ini didasarkan pada pendapat Bentler dan Chou yang merekomendasikan rasio ukuran sampel terhadap jumlah parameter sebesar 5:1. Sehingga minimal sampel untuk 11 indikator dalam penelitian ini yaitu sebanyak 55 siswa. Teknik pengumpulan data dengan diberikan sebanyak tiga macam angket penelitian berskala Likert, yang terdiri dari angket self esteem, self efficacy dan prokrastinasi akademik siswa serta wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat keterkaitan antara self esteem dan self efficacy terhadap prokrastinasi akademik siswa dalam menyelesaikan tugas matematika. Semakin tinggi self esteem dan self efficacy maka semakin rendah tingkat prokrastinasi akademik yang dimiliki siswa. Selain itu, berdasarkan hasil analisis data menggunakan Lisrel dapat diketahui bahwa kontribusi terbesar terhadap prokrastinasi akademik secara signifikan diperoleh dari self esteem siswa. Faktor-faktor yang menjadi penyebab prokrastinasi akademik siswa dalam menyelesaikan tugas matematika dilihat dari self esteem dan self efficacy-nya dalam penelitian ini yaitu: (1) melakukan hal lain yang lebih menyenangkan; (2) melakukan kesibukan lain hingga lupa akan tugas yang dimiliki; (3) tugas yang diberikan terlalu sulit; (4) mengandalkan teman ketika merasa kesulitan dalam mengerjakan; (5) waktu pengumpulan tugas yang lama; (6) keluarga yang kurang memberi dukungan siswa untuk belajar; (7) kurangnya motivasi diri siswa untuk belajar.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Masruroh, Churul Ainychurulainy@gmail.comD74215034
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKusaeri, Kusaerikusaeri@uinsby.ac.id2006077202
Thesis advisorSuparto, Supartozakfikam@gmail.com dan parto2469@gmail.com2002046903
Subjects: Matematika
Keywords: Prokrastinasi akademik; self esteem; self efficacy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Churul Ainy Masruroh
Date Deposited: 15 Nov 2022 04:08
Last Modified: 15 Nov 2022 04:08
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/58067

Actions (login required)

View Item View Item