Implementasi dan implikasi program sepuluh ribu wirausaha baru di Kabupaten Pamekasan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fawahan, Lian (2022) Implementasi dan implikasi program sepuluh ribu wirausaha baru di Kabupaten Pamekasan. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Lian Fawahan_02040320025.pdf

Download (3MB)

Abstract

Lahirnya program sepuluh ribu wirausaha baru merupakan langkah yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Pamekasan dalam upaya mengentaskan kemiskinan dan pengangguran di Kabupaten Pamekasan. Program sepuluh ribu wirausaha baru diharapkan mendorong ekonomi masyarakat Pamekasan yang ditopang dan bertumpu pada UMKM. Melalui program sepuluh ribu wirasuaha baru diharapkan lahir wirausaha-wirausaha baru sehingga bisa memiliki efek domino pada pertumbuhan ekonomi dan pendapatan masyarakat di Kabupaten Pamekasan. Penelitian ini menyajikan implementasi dan implikasi program sepuluh ribu wirausaha baru di Kabupaten Pamekasan dengan menggunakan penelitian kebijakan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa program sepuluh ribu wirausaha baru di Kabupaten Pamekasan merupakan program prioritas Pemerintah Kabupaten Pamekasan yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2018-2023. Implementator dari program sepuluh ribu wirausaha baru diampu oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) dan Ketenaga Kerjaan Kabupaten Pamekasan dalam melaksanakan pelatihan, untuk bantuan alat produksi bersumber dari forum corporate social responsibility (CSR) yang diampu oleh Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA), sedangkan penyediaan fasilitas pemasaran dan modal diampu oleh Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Pamekasan. Pada tahun 2020-2021 reliasasi program wirausaha baru sudah 3.157 penerima manfaat. Pada tahun tahun 2020 peserta pelatihan atau penerima manfaat program sepuluh ribu wirausaha baru mencapai 84% yang sudah memulai usaha sedangkan 16% tidak menjalankan usaha. Sedangkan peserta pelatihan yang sudah bisa berwirausaha dan menyerap tenaga kerja masih 7%. Implikasi program sepuluh ribu wirausaha baru bagi penerima manfaat yang didapat adalah ilmu dan keterampilan usaha, mental wirausaha, pendapatan bagi penerima manfaat yang berhasil menjalankan usaha, fasilitas pemasaran, modal, dan izin usaha.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fawahan, Lianlianfawahan9@gmail.com02040320025
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAhsan, Muhamadm.ahsan.uinsby.ac.id2021066802
Thesis advisorNurhayati, Nurhayatinurhayati@uinsby.ac.id2027066801
Subjects: Ekonomi Islam
Wirausaha
Keywords: Kebijakan publik; wirausaha baru
Divisions: Program Magister > Ekonomi Islam
Depositing User: Lian Fawahan
Date Deposited: 15 Nov 2022 03:29
Last Modified: 16 Nov 2022 06:53
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/58072

Actions (login required)

View Item View Item