Pemodelan nilai tukar petani di Indonesia menggunakan metode vector error correction model (vecm)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hamidah, Afanin (2022) Pemodelan nilai tukar petani di Indonesia menggunakan metode vector error correction model (vecm). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Afanin Hamidah_H92218037.pdf

Download (2MB)

Abstract

Sektor pertanian Indonesia berperan penting dalam pembangunan ekonomi negara. Menyadari akan hal itu, pemerintah melakukan berbagai upaya pengembangan dalam mengatur aspek pembangunan di sektor pertanian untuk mencapai tingkat ekonomi yang lebih baik. Sebagai pelaku utama dalam sektor pertanian, kesejahteraan para petani sudah selayaknya dijamin kesejahteraannya oleh pemerintah dapat mewujudkan capaian-capaian dalam pembangunan pertanian. Alat bantu ukur untuk melihat dinamika kesejahteraan petani di Indonesia adalah melalui Nilai Tukar Petani (NTP). Nilai Tukar Petani tidak berdiri sendiri tetapi terdapat faktor-faktor lain yang mempengaruhi baik secara langsung maupun tidak langsung. Penelitian ini bertujuan untuk memodelkan dan meramalkan tingkat kesejahteraan petani di Indonesia melalui indikator NTP akibat pengaruh faktor inflasi, PDB, suku bunga, dan kurs rupiah menggunakan metode Vector Error Correction Model (VECM). Pemodelan VECM merupakan lanjutan dari analisis VAR ketika variabel-variabel penelitian tidak stasioner pada tingkat level dan terjadi kointegrasi antar variabel, maka model VAR digantikan dengan Model VECM. Model VECM yang didapatkan yaitu model VECM(1). Dalam model tersebut didapatkan bahwa variabel yang berpengaruh signifikan terhadap NTP dalam jangka panjang adalah inflasi, suku bunga dan kurs rupiah. Sedangkan dalam jangka pendek variabel yang berpengaruh adalah PDB dan kurs rupiah. Berdasarkan hasil evaluasi model, model VECM yang didapat memiliki nilai error MAPE sebesar 1,76%. Sehingga model tersebut dikatakan memiliki kinerja yang sangat baik karena nilai error MAPE kurang dari 10%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hamidah, Afaninafhaanin@gmail.comH92218037
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFarida, Yuniaryuniar_farida@uinsby.ac.id2027057901
Thesis advisorLutfi, Hakimlutfihakim@uinsby.ac.id197312252006041001
Subjects: Matematika
Pertanian
Keywords: pertanian; kesejahteraan petani; NTP; vector error correction model (VECM)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Matematika
Depositing User: Afanin Hamidah
Date Deposited: 15 Nov 2022 08:07
Last Modified: 15 Nov 2022 08:07
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/58076

Actions (login required)

View Item View Item