Penerapan extreme learning machine dalam meramalkan harga minyak sawit mentah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aisyah, Siti (2022) Penerapan extreme learning machine dalam meramalkan harga minyak sawit mentah. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siti Aisyah_H72218032.pdf

Download (4MB)

Abstract

Minyak Sawit Mentah menjadi salah satu hasil perkebunan yang menjadi komoditi ekspor di indonesia. Hal ini karena Indonesia memiliki wilayah geografis yang sangat strategis dan baik untuk mengembangkan perkebunan kelapa sawit. Seiring waktu, kebutuhan minyak sawit mentah mengalami peningkatan karena banyaknya permintaan minyak nabati di berbagai dunia. Awal bulan Maret 2022, harga minyak sawit mentah mencetak rekor tertinggi yang mengakibatkan harga minyak goreng internasional melonjak tinggi, terutama negara Indonesia. Pada penelitian ini dilakukan penerapan metode Extreme Learning Machine (ELM) dalam meramalkan harga minyak sawit mentah dengan parameter uji yaitu hidden neuron dan fungsi aktivasi. Metode ELM merupakan pengembangan dari metode JST dimana metode ini dapat mengatasi kelemahan dalam proses learning speed. Penelitian ini menggunakan data harian harga minyak sawit mentah mulai 01 April 2021 hingga 14 April 2022 yang diperoleh dari website Investing. Hasil penelitian yang telah dilakukan diperoleh nilai MAPE dan RMSE sebesar 0,0173 dan 0,0308 dengan parameter terbaik yaitu jumlah hidden neuron sebanyak 5 dan fungsi aktivasi sigmoid biner. Dari hasil yang didapatkan menunjukkan bahwa metode ELM sangat baik untuk meramalkan harga minyak sawit mentah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aisyah, Sitiaisyah.ais7654@gmail.comH72218032
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorUlinnuha, Nurissaidahnuris.ulinnuha@uinsby.ac.id2002119001
Thesis advisorHamid, Abdullohdoelhamid@uinsby.ac.id2028088501
Subjects: Matematika
Perkebunan
Keywords: peramalan; minyak sawit mentah; jaringan syaraf tiruan; extreme learning machine; time series split
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Matematika
Depositing User: Siti Aisyah
Date Deposited: 15 Nov 2022 08:29
Last Modified: 15 Nov 2022 08:29
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/58077

Actions (login required)

View Item View Item