Pengembangan karakteristik respon peserta didik mengacu pada taksonomi SOLO terhadap masalah matematika tingkat analisis dengan jenis pengetahuan konseptual berdasarkan taksonomi bloom revisi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Farhiyyah, Nela Roudhotul (2022) Pengembangan karakteristik respon peserta didik mengacu pada taksonomi SOLO terhadap masalah matematika tingkat analisis dengan jenis pengetahuan konseptual berdasarkan taksonomi bloom revisi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nela Roudhotul Farhiyyah_D94218060.pdf

Download (16MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik respon peserta didik mengacu pada Taksonomi SOLO terhadap masalah matematika tingkat analisis dengan jenis pengetahuan konseptual sesuai dengan Taksonomi Bloom Revisi, disimbolkan dengan (C4,K2,Sk). Taksonomi Bloom Revisi digunakan untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik berdasarkan ranah kognitif dan jenis pengetahuan peserta didik dalam memahami suatu Masalah. Sedangkan Taksonomi SOLO digunakan untuk melihat kualitas respon peserta didik terhadap suatu masalah. Berdasarkan perbedaan peran diantara keduanya peneliti ingin memadukan Taksonomi Bloom Revisi dan Taksonomi SOLO sehingga akan menghasilkan alternatif sistem evaluasi pembelajaran yang saling melengkapi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Dilaksanakan di MAN Kota Surabaya terdiri dari dua peserta Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan terdiri dari tugas pemecahan masalah dan pedoman wawancara. Data dianalisis berdasarkan teknik analisis data tugas pemecahan masalah dan teknik analisis data pedoman wawancara. Untuk menguji kevalidan dari karakteristik respon peserta didik didasarkan pada Taksonomi SOLO dan Taksonomi Bloom Revisi. Untuk menguji reliabilitas dari karakteristik respon peserta didik menggunakan teknik perbandingan tetap. Hasil pada penelitian menunjukkan karakteristik respon peserta didik mengacu pada Taksonomi SOLO terhadap masalah analisis matematika dengan jenis pengetahuan konspetual sesuai Taksonomi Bloom Revisi yang valid dan reliabel adalah sebagai berikut: (1) peserta didik pada tingkat (C4,K2,S1) dapat mengidentifikasi sebuah masalah menjadi beberapa bagian dan menentukan bagaimana bagian-bagian tersebut dihubungkan menggunakan sebuah konsep; (2) peserta didik pada tingkat (C4,K2,S2) dapat mengidentifikasi sebuah masalah menjadi beberapa bagian dan menentukan bagaimana bagian-bagian tersebut dihubungkan menggunakan lebih dari satu konsep namun tidak dapat menjelaskan keterkaitan antar konsep yang digunakan dengan tepat; (3) peserta didik pada tingkat (C4,K2,S3) dapat mengidentifikasi sebuah masalah menjadi beberapa bagian dan menentukan bagaimana bagian-bagian tersebut dihubungkan menggunakan lebih dari satu konsep dan dapat menjelaskan keterkaitan antar konsep yang digunakan dengan tepat; (4) peserta didik pada tingkat (C4,K2,S4) dapat mengidentifikasi sebuah masalah menjadi beberapa bagian dan menentukan bagaimana bagian-bagian tersebut dihubungkan menggunakan lebih dari satu konsep dan dapat menjelaskan keterkaitan antar konsep yang digunakan dengan tepat serta dapat memperluas penggunaan dalam konsteks yang umum.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Farhiyyah, Nela Roudhotulnrf212000@gmail.comD94218060
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHamdani, A. Saepulasepsaepulhamdani@uinsby.ac.id2031076501
Thesis advisorSetyawati, Maunahmaunah_iain@yahoo.com--
Subjects: Matematika
Pendidikan
Keywords: karakteristik respon; taksonomi SOLO; masalah matematika tingkat analisis, taksonomi bloom revisi, jenis pengetahuan konseptual
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Nela Roudhotul Farhiyyah
Date Deposited: 15 Nov 2022 08:24
Last Modified: 15 Nov 2022 08:24
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/58087

Actions (login required)

View Item View Item