Analisis pengaruh pemanasan terhadap kandungan mikroplastik pada cumi-cumi loligo sp dari pasar larangan Candi Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wardani, Ajeng Fitri Kusuma (2022) Analisis pengaruh pemanasan terhadap kandungan mikroplastik pada cumi-cumi loligo sp dari pasar larangan Candi Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ajeng Fitri Kusuma Wardani_H74218013.pdf

Download (3MB)

Abstract

Salah satu permasalahan global dan berbahaya jika tidak ditangani yaitu permasalahan yang disebabkan oleh sampah plastik. Beberapa tahun terakhir banyak ditemukan sampah plastik berada di wilayah laut. Sampah plastik yang telah lama berada di perairan akan terdegradasi menjadi partikel mikroplastik. Mikroplastik yang ada di perairan dapat memberikan dampak buruk bagi kehidupan biota laut salah satunya yaitu cumi-cumi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelimpahan mikroplastik pada pencernaan cumi-cumi dan untuk mengetahui pengaruh perlakuan pemanasan pada pencernaan cumi-cumi. Pengambilan sampel dilakukan di Pasar Larangan, Candi, Sidoarjo. Sampel yang didapat dibawa ke laboratorium, untuk dilakukan identifikasi cumi-cumi dan identifikasi mikroplastik pada pencernaan cumi-cumi. Hasil menunjukan bahwa jenis mikroplastik yang ditemukan yaitu fragmen, fiber dan film. Kelimpahan rata rata mikroplastik pada sampel kontrol yaitu sebesar 38 ± 26.73 partikel. Pada sampel yang diberi perlakuan pemanasan didapatkan kelimpahan rata rata mikroplastik sebesar 27.02 ± 22.78 partikel. Hal tersebut menunjukan terdapat perbedaan rata rata kelimpahan mikroplastik pada sampel kontrol dengan sampel perlakukan pemanasan. Perbedaan kelimpahan mikroplastik disebabkan oleh suhu dan media perantara pemanasan yang digunakan yaitu berupa air dan minyak goreng. Perlakuan pemanasan yang dilakukan dapat menyebabkan mikroplastik tersebut meleleh dan terlarut pada media perantara pemanasan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wardani, Ajeng Fitri Kusumaajengwardani066@gmail.comH74218013
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMauludiyah, Mauludiyahmauludiyah@uinsby.ac.id201409003
Thesis advisorMunir, Misbakhulmisbakhul_munir@uinsby.ac.id--
Subjects: Ikan
Ikan > Menangkap Ikan
Ilmu Kelautan
Lingkungan Hidup
Keywords: mikroplastik; cumi-cumi; perlakuan pemanasan
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Ilmu Kelautan
Depositing User: Ajeng Wardani
Date Deposited: 17 Nov 2022 02:24
Last Modified: 17 Nov 2022 03:50
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/58095

Actions (login required)

View Item View Item