Optimalisasi rute pengangkutan sampah menggunakan metode Saving Matrix: studi kasus di TPST RDF Jeruklegi Cilacap

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Akhmad, Fandi (2022) Optimalisasi rute pengangkutan sampah menggunakan metode Saving Matrix: studi kasus di TPST RDF Jeruklegi Cilacap. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

This is the latest version of this item.

[img] Text
Fandi Akhmad_H05218009 ok.pdf

Download (8MB)

Abstract

Tercatat timbulan sampah Kabupaten Cilacap pada tahun 2017 mencapai 312,902 ton dan memiliki presentase pengelolaan sistem kota sebesar 67,43%. Salah satu upaya peningkatan pelayanan sampah adalah ditinjau dari segi pengangkutan sampah. Transportasi sampah merupakan sub-sistem yang membawa sampah menuju tempat pemrosesan akhir yang masih menjadi masalah dan harus diperhatikan karena berhubungan dengan aspek biaya, waktu dan tenaga. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui optimalisasi rute pengangkutan sampah di TPST RDF Cilacap menggunakan metode saving matrix dan untuk mengetahui efisiensi jarak dan biaya operasional dari perbandingan rute eksisting dengan rute perencanaan. Metode saving matrix dipilih untuk perencanaan optimalisasi menentukan rute pengangkutan dari titik pengumpulan menuju ke TPST RDF berdasarkan volume kendaraan yang maksimal. Langkah-langkah metode saving matrix dimulai dari mengidentifikasi matrix jarak, menentukan matrix penghematan, dan mengalokasikan rute. Data yang dibutuhkan berupa data primer diantaranya jarak pengangkutan, rute eksisting, dan koordinat TPS sedangkan data sekunder diantaranya jumlah dan volume TPS, jumlah armada pengangkut dan jadwal pengangkutan. Hasil penelitian ini menunjukkan metode saving matrix dapat menghemat jarak tempuh yang semula 189,05 km/hari menjadi 181,32 km/hari sehingga dapat menghemat 7,73 km/hari dan dapat menghemat pengeluaran biaya bahan bakar sebesar Rp. 136.666 per bulan atau sebesar 4% dari total biaya awal.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Akhmad, Fandifandi.akh27@gmail.comH05218009
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYusrianti, Yusriantiyusrianti_sabang@uinsby.ac.id2022108201
Thesis advisorAuvaria, Shinfi Waznashinfiwazna@uinsby.ac.id2028038601
Subjects: Teknik Lingkungan
Keywords: Sampah; rute pengangkutan; Saving Matrix; TPST RDF
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Tehnik Lingkungan
Depositing User: Fandi Akhmad Akhmad
Date Deposited: 09 Nov 2022 07:45
Last Modified: 09 Nov 2022 07:45
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/58106

Available Versions of this Item

  • Optimalisasi rute pengangkutan sampah menggunakan metode Saving Matrix: studi kasus di TPST RDF Jeruklegi Cilacap. (deposited 09 Nov 2022 07:45) [Currently Displayed]

Actions (login required)

View Item View Item