Perencanaan reklamasi lahan bekas penambangan sirtu di Desa Trosono, Kecamatan Parang, Kabupaten Magetan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Larasati, Indah (2022) Perencanaan reklamasi lahan bekas penambangan sirtu di Desa Trosono, Kecamatan Parang, Kabupaten Magetan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

This is the latest version of this item.

[img] Text
Indah Larasati_H95218050.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kegiatan penambangan sirtu di Desa Trosono, Kecamatan Parang, Kabupaten Magetan berpotensi menyebabkan kerusakan lingkungan. Hal ini dapat dinilai berdasarkan tiga aspek penilaian kerusakan lahan bekas penambangan bahan galian C menurut Peraturan Gubernur Jawa Timur Nomor 62 tahun 2010. Aspek yang ditinjau yaitu topografi, kondisi tanah, dan vegetasi pada lahan bekas penambangan bahan galian C. Upaya perbaikan kondisi lingkungan perlu dilakukan segera setelah kegiatan penambangan berakhir untuk mencegah bahaya dan bencana akibat kerusakan lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kerusakan lahan yang diakibatkan oleh aktivitas penambangan sirtu di Desa Trosono, Kecamatan Parang, Kabupaten Magetan, serta menentukan rencana kegiatan reklamasi lahan bekas penambangan yaitu dengan mengembalikan fungsi lahan bekas penambangan sirtu sesuai peruntukannya menurut Peraturan Daerah Kabupaten Magetan Nomor 15 tahun 2012 sebagai lahan hutan produksi dan perkebunan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan data primer dan data sekunder diperoleh melalui penerapan metode survei pemetaan lapangan, pengujian sampel di laboratorium, dan pengumpulan data-data sekunder dari dinas terkait. Berdasarkan evaluasi kriteria kerusakan lahan yang telah dilakukan terhadap kondisi topografi, tanah, dan vegetasi, diketahui sebesar 75% dari parameter tersebut masih layak untuk dijadikan kawasan hutan dan perkebunan. Kegiatan reklamasi yang direncanakan meliputi penatagunaan lahan, revegetasi lahan, dan pemeliharaan tanaman. Kegiatan penatagunaan lahan dilakukan dengan mengatur geometri lereng membentuk terasering dimana tinggi tebing maksimal 3 meter, lebar teras 2,1 meter, sudut kemiringan lereng akhir penambangan 30o, dan sudut teras sebesar 45o. Sebagai upaya pencegahan erosi, pada penelitian ini direncanakan juga saluran drainase ekonomis berbentuk trapesium dengan dinding berupa pasangan batu. Tanaman yang direncanakan pada kegiatan revegetasi yaitu sengon dan jahe dengan jumlah bibit masing-masing sebanyak 56 bibit dan 9.833 bibit. Dari semua kegiatan reklamasi dan pertimbangan biaya tidak langsung pada penelitian ini didapatkan hasil perhitungan rencana anggaran biaya sebesar Rp592.168.000,00

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Larasati, Indahindahlarasati124@gmail.comH95218050
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHakim, Abdulabdul.hakim@uinsby.ac.id2006088001
Thesis advisorYusrianti, Yusriantiyusrianti_sabang@uinsby.ac.id2022108201
Subjects: Lingkungan Hidup
Teknik Lingkungan
Ekologi
Keywords: penambangan; reklamasi; topografi; tanah; revegetasi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Tehnik Lingkungan
Depositing User: Indah Larasati
Date Deposited: 11 Nov 2022 05:00
Last Modified: 11 Nov 2022 05:00
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/58123

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item