Pemanfaatan limbah kulit udang sebagai adsorben untuk menurunkan kadar Karbon Monoksida (CO) dari kendaraan bermotor

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nur Aini, Asma'ul (2022) Pemanfaatan limbah kulit udang sebagai adsorben untuk menurunkan kadar Karbon Monoksida (CO) dari kendaraan bermotor. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

This is the latest version of this item.

[img] Text
Asma'ul Nur Aini_H75218021.pdf

Download (3MB)

Abstract

Karbon monoksida (CO) merupakan pencemar utama di udara. Limbah kulit udang belum banyak dimanfaatkan sebagai adsorben polutan udara. Penelitian ini memanfaatkan limbah kulit udang sebagai adsorben untuk menurunkan kadar CO dari kendaraan bermotor. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui efektivitas adsorben kulit udang dalam menurunkan kadar CO dari kendaraan bermotor, dan mengetahui perbedaan variasi waktu kontak dan variasi perbandingan konsentrasi adsorben kulit udang dalam menurunkan kadar CO dari kendaraan bermotor. Penelitian ini menggunakan metode eksperimental menggunakan dua variasi yaitu variasi waktu dan variasi perbandingan massa kanji dengan kitosan. Variasi waktu terdiri dari 10 menit, 30 menit, dan 50 menit sedangkan variasi perbandingan kanji dengan kitosan terdiri dari 1 : 1 gram, 1 : 2 gram, 1: 3 gram. Ekstraksi kitosan dari kulit udang melalui tiga tahap yaitu deproteinasi, demineralisasi, dan deasetilasi. Kitosan diletakkan pada alat bantu uji knalpot kendaraan bermotor. Pengukuran konsentrasi CO menggunakan CO Analyzer. Hasil dari pengujian efektifitas yaitu nilai tertinggi terletak pada variasi waktu 30 menit dengan nilai efektifitas tertinggi diperoleh pada menit ke 20 dengan variasi perbandingan massa 1 : 3 gram yaitu sebesar 61,5 %. Berdasarkan uji statistik, diketahui terdapat perbedaan variasi massa dalam menurunkan CO (p<0,05), dan tidak ada perbedaan dalam variasi waktu dalam menurunkan CO (p>0,05).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nur Aini, Asma'ulaicantik31@gmail.comH75218021
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMunfarida, Idamunfarida@uinsby.ac.id2030118402
Thesis advisorNurmaningsih, Dyah Ratridyahratrin@gmail.com2022038501
Subjects: Teknik Lingkungan
Keywords: Adsorben; Karbon Monoksida; kendaraan bermotor; limbah kulit udang
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Tehnik Lingkungan
Depositing User: Asma'ul Nur Aini
Date Deposited: 14 Nov 2022 04:48
Last Modified: 14 Nov 2022 04:48
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/58128

Available Versions of this Item

  • Pemanfaatan limbah kulit udang sebagai adsorben untuk menurunkan kadar Karbon Monoksida (CO) dari kendaraan bermotor. (deposited 14 Nov 2022 04:48) [Currently Displayed]

Actions (login required)

View Item View Item