Pengalaman komunikasi Penyintas COVID-19 di Margodadi I Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Siti Hudaifatul, Adawiyah (2022) Pengalaman komunikasi Penyintas COVID-19 di Margodadi I Surabaya. Pengalaman Komunikasi. (Unpublished)

[img] Text
Siti Hudaifatul Adawiyah_B95218140.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengalaman komunikasi penyintas Covid-19 di Margodadi I Surabaya. Untuk memperoleh hasil penelitian tersebut peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenolgi dalam bingkai teori Stage of Grief yang digagas oleh Elizabeth Kubler Ross. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengalaman penyintas Covid-19 di wilayah Margodadi I mengalami dua bentuk komunikasi yaitu (1) Intrapersonal, dimana penyintas Covid-19 sering berkomunikasi dengan dirinya sendiri terkait penolakan dan usaha menyembunyikan hasil tes hingga kondisinya, serta harapan dan penyesalan atas kondisi yang menimpanya. (2) Interpersonal, pengalaman komunikasi yang berlangsung meliputi tindakan protektif dan preventif, serta perolehan dukungan, hingga stigma negatif yang diterima penyintas Covid-19. Kemudian faktor yang mempengaruhi pengalaman adalah respon yang mereka berikan berbeda tegantung pada latar belakang pengetahuan, konsep diri, dan kondisi lingkungan penyintas Covid-19. Selain itu, karakter penyintas juga menentukan bagaimana mereka mengambil tindakan dan dari faktor tersebut terbentuklah gambaran pengalaman yang beragam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Article
Creators:
CreatorsEmailNIM
Siti Hudaifatul, Adawiyahhudaifah.ms25@gmail.comB95218140
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNikmah Hadiati, Salisahnikmah_hs@yahoo.co.id2014017301
Subjects: Toleransi
Keywords: Pengalaman komunikasi; penyintas Covid-19; teori Stage of Grief
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Siti Hudaifatul Adawiyah
Date Deposited: 14 Dec 2022 08:34
Last Modified: 14 Dec 2022 08:34
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/58135

Actions (login required)

View Item View Item