Implementasi multi akad murabahah dan rahn pada produk BSI cicil emas dalam perspektif maqashid al-syariah pemikiran Asy-Syatibi: studi kasus Bank Syariah Indonesia KCP Sidoarjo Sepanjang Wonocolo legacy PT. Bank Syariah Mandiri

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Amelia, Mia (2022) Implementasi multi akad murabahah dan rahn pada produk BSI cicil emas dalam perspektif maqashid al-syariah pemikiran Asy-Syatibi: studi kasus Bank Syariah Indonesia KCP Sidoarjo Sepanjang Wonocolo legacy PT. Bank Syariah Mandiri. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mia Amelia_G74218094.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini membahas perihal implementasi multi akad murabahah dan rahn serta sistem cicil emas pada produk BSI Cicil Emas. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui nilai-nilai maqashid syariah pemikiran Asy-Syatibi yang terkandung dalam praktik produk BSI Cicil Emas, dimana maqashid syariah sendiri memiliki tujuan untuk memenuhi setiap kebutuhan atau hajat dari manusia dengan tetap menghindari mafsadah dan mengutamakan kemaslahatan. Maqashid Syariah pemikiran Asy-Syatibi yang digunakan dalam penelitian ini meliputi hifz al-din (menjaga agama), hifz al-nafs (menjaga jiwa), hifz al-aql (menjaga akal), hifz al-nasl (menjaga keturunan), dan hifz al-mal (menjaga harta). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan fenomena di lapangan. Data primer dari penelitian ini diperoleh melalui wawancara, observasi lapangan dan dokumen serta, dokumentasi sedangkan data sekunder diperoleh melalui studi kepustakaan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa produk BSI Cicil Emas tidak sesuai dengan syariat Islam karena bertentangan dengan pendapat fuqaha seperti mazhab Hambali, Maliki, Syafi’i dan Hanafi serta pada implementasinya hanya pada pelayanan bank saja yang mengandung nilai-nilai maqashid syariah, sedangkan pada hukum, produk BSI Cicil Emas, dan manfaatnya tidak terdapat nilai-nilai maqashid syariah di dalamnya. Saran yang dapat diberikan pada PT. Bank Syariah Indonesia yaitu mengkaji ulang terkait produk BSI Cicil Emas agar dibenahi dan untuk masyarakat serta nasabah BSI Cicil Emas agar tidak terasa berat dalam investasi emas maka lebih baik membeli dalam gram yang kecil agar kontan dan diserahkan secara langsung saat akad.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Amelia, Miamiaamelia661@gmail.comG74218094
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMustofa, Mustofamustofatok@gmail.com2030107702
Subjects: Bank Islam
Ekonomi Islam
Keywords: Multi akad; cicil emas; maqashid syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Mia Amelia
Date Deposited: 16 Nov 2022 04:00
Last Modified: 16 Nov 2022 04:00
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/58141

Actions (login required)

View Item View Item