Analisis pembentukan karakter religius peserta didik Kelas II di MI Ma'arif Kedungsolo Porong

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Tanzila, Aulia Nur (2022) Analisis pembentukan karakter religius peserta didik Kelas II di MI Ma'arif Kedungsolo Porong. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Aulia Nur Tanzila_D77218031 ok.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya peristiwa yang menggambarkan lemahnya karakter anak, maupun remaja. Pesatnya perkembangan teknologi, informasi, dan komunikasi membuat dunia pendidikan menghadapi banyak permasalahan terutama dalam membentuk karakter peserta didik. Setelah terjadi pandemi Corona Virus di Indonesia banyak tuntutan sekolah yang menerapkan secara online dalam mengikuti kegiatan belajar membuat kemudahan peserta didik dalam mencari informasi dari berbagai media. Akibatnya berpengaruh pada perilaku peserta didik terutama nilai religius yang kurang akan pemahaman perilaku sesuai ajaran agama. Adapun permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah pertama, bagaimana implementasi pembentukan karakter religius peserta didik kelas II di MI Ma’arif Kedungsolo Porong?, kedua, bagaimana karakter religius peserta didik kelas II di MI Ma’arif Kedungsolo Porong? Penelitian ini menggunakan jenis penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif yang mana data akan dipaparkan secara deskriptif sesuai keadaan objektif di MI Ma’arif Kedungsolo Porong. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Lalu pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam implementasi pembentukkan karakter religius terbagi melalui pengintegrasian pengembangan diri yang terdiri dalam kegiatan rutin, kegiatan spontan, dan keteladanan. Lalu pengintegrasian mata pelajaran dilakukan dengan menyisipkan nilai-nilai karakter dalam proses pembelajaran dan pengintegrasian dalam budaya madrasah mencangkup kegiatan-kegiatan yang dilakukan kepala madrasah maupun guru ketika berkomunikasi dengan peserta didik. Hasil dari proses imlementasi pembentukan karakter religius akan diketahui karakter religius menujukkan bahwa terdapat sikap syukur, taat, ikhlas, tawakaal, saling menghormati antar sesama, dan ketulusan dalam bermanfaat bagi orang lain yang muncul pada diri peserta didik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Tanzila, Aulia Nurtanzilaaulianur@gmail.comD77218031
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMas'ud, Sulthonsulthon.masud@uinsby.ac.id2073091001
Thesis advisorPangastuti, Ratnaratnapangastuti@uinsby.ac.id2003118103
Subjects: Pendidikan > Pendidikan - Karakter
Keywords: Analisis; pembentukan; karakter religius peserta didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: zila zila Aulia Nur Tanzila
Date Deposited: 15 Nov 2022 07:39
Last Modified: 15 Nov 2022 07:39
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/58150

Actions (login required)

View Item View Item