Analisis kualitas air tanah di desa Sukorejo, kecamatan Bojonegoro, kabupaten Bojonegoro ditinjau berdasarkan parameter kimia, fisik, dan biologi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Oktavia, Nurrahma Maya (2022) Analisis kualitas air tanah di desa Sukorejo, kecamatan Bojonegoro, kabupaten Bojonegoro ditinjau berdasarkan parameter kimia, fisik, dan biologi. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nurrahma Maya Oktavia_H75216045.pdf

Download (5MB)

Abstract

Air menjadi kebutuhan utama bagi manusia diantaranya untuk keperluan sektor industri, pertanian, rumah tangga, pariwisata dan transportasi. Air yang digunakan untuk konsumsi rumah tangga tentunya harus air yang berkualitas dan bersih serta memenuhi syarat kesehatan. Menurut Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 32 Tahun 2017 bahwa air yang digunakan untuk keperluan Higiene harus memenuhi syarat yaitu bebas dari mikroorganisme, tidak memiliki bau, tidak memiliki rasa, dan tidak mengandung bahan-bahan fisik, kimia, maupun biologi. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kualitas fisik, kimia, dan biologi air tanah di Desa Sukorejo Kecamatan Bojonegoro Kabupaten Bojonegoro ditinjau dari PERMENKES No. 32 Tahun 2017 dan juga untuk mengetahui status mutu air tanah dengan menggunakan metode STORET. Pada penelitian ini diambil sampel sebanyak 6 titik sampel yang mewakili sampel di Desa Sukorejo dengan dilakukan pengulangan pengambilan sampel sebanyak dua kali (duplikat). Parameter yang diuji pada penelitian ini meliputi suhu, bau, rasa, TDS, pH, Kesadahan (CaCO3), Mangan (Mn), Besi (Fe), total koliform dan E.coli. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat sampel yang memiliki nilai melebihi baku mutu yaitu suhu (semua sampel), E.coli (semua sampel kecuali Titik D), dan total koliform (Titik A dan Titik F). Berdasarkan analisis dengan Metode STORET bahwa sampel air Desa Sukorejo terdapat 2 (dua) sampel yang masuk dalam kategori tercemar berat, 3 (tiga) sampel yang masuk dalam kategori tercemar sedang, dan 1 (satu) sampel masuk dalam kategori tercemar ringan. Sampel pada Titik A dan Titik F masuk dalam kategori tercemar berat, sedangkan untuk Titik B, Titik C, dan Titik E masuk dalam kategori tercemar sedang, untuk titik D masuk dalam kategori tercemar ringan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Oktavia, Nurrahma Mayamayaoktavia19@gmail.comH75216045
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNilandita, Widyawidya.nilandita@gmail.com2007108402
Thesis advisorSuprayogi, Dedydsuprayogi@uinsby.ac.id0711125102
Subjects: Teknik Lingkungan
Keywords: analisis kualitas air; metode storet; parameter fisik; kimia dan biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Tehnik Lingkungan
Depositing User: Nurrahma Maya Oktavia
Date Deposited: 09 Nov 2022 06:37
Last Modified: 09 Nov 2022 06:37
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/58157

Actions (login required)

View Item View Item