This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Wakhida, Farikhatul Maulidiyah (2022) Pengaruh latar belakang pendidikan terhadap prestasi belajar PAI Kelas VII SMP Negeri 3 Krian Sidoarjo Tahun Ajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Farikhatul Maulidiyah Wakhida_D91218132 ok.pdf Download (1MB) |
Abstract
Latar belakang pendidikan siswa di SMP Negeri 3 Krian Sidoarjo bermacam-macam, terdapat siswa yang memiliki latar belakang MI dan terdapat siswa yang memiliki latar belakang SD. Perbedaan latarbelakang Pendidikan ini terletak pada muatan mata pelajaran PAI. Siswa yang berlatar belakang MI akan lebih banyak belajar terkait materi PAI seperti Al-Qur’an Hadist, Aqidah Akhlak, Fiqih, dan Sejarah Kebudayaan Islam. Sehingga prestasi yang dicapai oleh siswa yang memiliki latar belakang MI akan lebih baik. Namun siswa yang berasal dari SD juga tidak menutup kemungkinan akan baik dalam prestasi belajar PAI. Hal ini dapat didorong oleh kemampuan mereka, maupun kegiatan yang mampu meningkatkan prestasi belajar PAI. Penelitian ini memiliki tiga rumusan masalah yang akan diulas yaitu: (1) Bagaimana latar belakang Pendidikan siswa kelas VII di SMP negeri 3 Krian Sidoarjo? (2) Bagaimana prestasi belajar PAI siswa kelas VII di SMP Negeri 3 Krian Sidoarjo? (3) Adakah Pengaruh Latar Belakang pendidikan terhadap prestasi belajar PAI siswa Kelas VII di SMP negeri 3 Krian Sidoarjo? Model penelitian ini yaitu penelitian lapangan (field research) dengan metode kuantitatif deskriptif, dikarena ingin mengetahui data yang ada dan dijabarkan secara deskriptif, dan menggunakan Teknik analisis Regresi Liniear sederhana untuk mencari pengaruh latar belaknag Pendidikan siswa dan prestasi belajar, serta jumlah sampel sebanyak 70 siswa. Berdasarkan rumusan masalah tersebut dan telah dilakukan analiss, maka hasilnya adalah: (1) Latar belakang pendididkan siswa kelas VII SMP Negeri 3 Krian Sidoarjo tahun ajaran 2021/2022 yang paling banyak adalah siswa SD dengan prosentase sebesar adalah 76,3%, kemudian 21,5% untuk siswa MI dan siswa yang berasal dari SDI sebanyak 2,2%. (2) prestasi belajar kelas VII di SMP Negeri 3 Krian Sidoarjo dapat dikategorikan sangat tinggi. Hal ini berdasarkan data rapot tersebut yang diambil rata-rata dan mendapatkan hasil 83,07%. (3) Pengaruh latar belakang Pendidikan siswa terhadap prestasi belajar PAI menggunakan analisis regresi linier sederhana dan hasil analisis tersebut yaitu terdapat correlation menunjukkan besarnya korelasi adalah 0,120, dan signifikansi yaitu 0,323. Berdasarkan hasil tersebut yaitu signifikansi > 0,05 maka Ho diterima dan Ha ditolak. Dengan demikian tidak terdapat hubungan yang signifikan antara latar belakang pendidikan siswa dengan prestasi belajar. Sehingga tidak terdapat pengaruh latar belakang pendidiakn terhadap prestasi belajar PAI siswa kelas VII SMP Negeri 3 Krian tahun ajaran 2021/2022
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Pendidikan Islam | ||||||||||||
Keywords: | Latar belakang pendidikan siswa; prestasi belajar; PAI | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | Farikhatul Maulidiyah Wakhida | ||||||||||||
Date Deposited: | 16 Nov 2022 05:23 | ||||||||||||
Last Modified: | 16 Nov 2022 05:23 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/58159 |
Actions (login required)
View Item |