تطوير مواد تعليم اللغة العربية على أساس الثقافة المحلية فى ضوء المنهج 13 لترقية مهارة الكلام للفصل الحادي عشر فى المدرسة الثانوية الحكومية الإسلامية 3 فانكان ماغتان

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fuadi, Ahmad Aziz (2022) تطوير مواد تعليم اللغة العربية على أساس الثقافة المحلية فى ضوء المنهج 13 لترقية مهارة الكلام للفصل الحادي عشر فى المدرسة الثانوية الحكومية الإسلامية 3 فانكان ماغتان. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ahmad Aziz Fuad_02040920004.pdf

Download (3MB)

Abstract

Dalam pembelajaran bahasa arab terdapat beberapa aspek yang sangat penting diantaranya yaitu aspek kebudayaan lokal yang terintegrasi secara tepat didalam bahan ajar bahasa arab. Aspek ini harus terdapat dalam setiap bahan ajar namun dalam kenyataanya masih terdapat banyak bahan ajar bahasa arab yang belum memenuhi kriteria tersebut, termasuk bahan ajar bahasa arab yang digunakan oleh siswa kelas XI Madrasah Aliyah Negeri 3 Panekan Magetan. berangkat dari hal ini peneliti melakukan pengembangan bahan ajar bahasa arab dengan menggunakan pendekatan lokal yang sesuai dengan kurikulum k-13 untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Penelitian ini bertujuan untuk 1. Mengembangkan bahan ajar bahasa arab dengan menggunakan pendekatan lokal yang sesuai dengan kurikulum k-13 untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa. 2. Mengetahui efektifitas pengembangan bahan ajar bahasa arab dengan menggunakan pendekatan lokal yang sesuai dengan kurikulum k-13 untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian reserch and devolopment (R&D) dengan mengadopsi model ADDIE yaitu: 1.Analysis 2.Dessain 3.Devolop 4.Implementation 5.Evaluation. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif kan kuantitatif (mixed method). Adapun hasil dari penelitian ini bahwasanya hasil nilai siswa setelah penegembangan bahan ajar lebih besar daripada sebelumnya. Hal ini didasarkan pada hasil nilai pretest 63% dan nilai postest 73%, dan hasil t-tes 7,75 lebih besar t-tabel 2,074. Hal ini juga diperkuat dengan hasil angket dan wawancara, sehingga menunjukkan pengembangan bahan ajar bahasa arab dengan menggunakan pendekatan lokal yang sesuai dengan kurikulum k-13 untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas XI Madrasah Aliyah Negeri 3 Panekan Magetan adalah efektif.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fuadi, Ahmad Azizfuadiaaf@gmail.com02040920004
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBaihaqi, Muhammadbaihaqi.sby@gmail.com2020027401
Thesis advisorWafa, Alialiw87870@gmail.com2029016802
Subjects: Bahasa Arab
Buku > Buku Pelajaran
Kebudayaan
Keywords: Pengembangan; Bahan Ajar; Bahasa Arab; Budaya Lokal
Divisions: Program Magister > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: ahmad aziz fuadi
Date Deposited: 16 Nov 2022 07:13
Last Modified: 16 Nov 2022 07:13
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/58165

Actions (login required)

View Item View Item