Nilai-nilai pendidikan Islam dalam tembang macapat dalam buku Macapat Seni Adiluhung Kabudayaan Jawi karya Djati Prihantono

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Octaviansyah, Rahmat Bagus (2022) Nilai-nilai pendidikan Islam dalam tembang macapat dalam buku Macapat Seni Adiluhung Kabudayaan Jawi karya Djati Prihantono. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rahmat Bagus Octaviansyah_D71218098.pdf

Download (865kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Nilai – nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam tembang macapat yang terdapat dalam buku Macapat Seni Adiluhung Kabudayaan Jawi karya Djati Prihantono. 2) Relevansi nilai – nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam tembang macapat yang terdapat dalam buku Macapat Seni Adiluhung Kabudayaan Jawi karya Djati Prihantono dengan pendidikan Islam perspektif Al-Qur’an. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan menggunakan jenis penelitian pustaka atau library research. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik baca (reading text), teknik simak dan juga teknik catat. Analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis isi (content analysis). Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa : 1) Nilai – nilai pendidikan Islam dalam tembang macapat dalam buku Macapat Seni Adiluhung Kabudayaan Jawi karya Djati Prihantono yaitu terdiri dari nilai iman kepada kitab suci Al-Qur’an, wahyu datangnya dari Allah SWT, semua atas kehendak Allah SWT, memohon hanya kepada Allah SWT, pertolongan dan rahmat datangnya dari Allah YME, nilai segala sesuatu dimulai dari niat (kemauan), menghormati orang tua dan raja, bertanya kepada ulama atau guru, mendidik anak serta nilai belajar membaca Al-Qur’an, nilai rendah hati, mengerti tata krama, pentingnya nasihat, tanpa pamrih, pentingnya mengetahui hal baik dan buruk, memperbaiki budi serta nilai sombong itu tidak baik. 2) Terdapat relevansi antara nilai – nilai pendidikan Islam tersebut dengan pendidikan Islam perspektif Al-Qur’an.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Octaviansyah, Rahmat Bagusbudi.7b@gmail.comD71218098
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFuad, Ah. Zakkizakkif@gmail.com2027047401
Thesis advisorZaini, Achmadzainiazami@yahoo.com2012057001
Subjects: Kebudayaan Jawa
Pendidikan Islam
Keywords: Nilai–nilai pendidikan Islam; tembang macapat; buku Macapat Seni Adiluhung Kabudayaan Jawi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rahmat Bagus Octaviansyah
Date Deposited: 16 Nov 2022 04:03
Last Modified: 16 Nov 2022 04:03
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/58168

Actions (login required)

View Item View Item