KH. Ali Manshur: biografi dan penggagas sholawat badar

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maulida, Sierly Ulya (2022) KH. Ali Manshur: biografi dan penggagas sholawat badar. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Sierly Ulya Maulida_A02218034.pdf

Download (2MB)

Abstract

Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan sosiologi dan teori peran. Penerapan teori peran pada penelitian ini digunakan penulis karena memiliki kecocokan dengan fokus penelitian dimana penulis membahas suatu konsep yang digunakan oleh individu dalam masyarakat dan penting bagi struktur sosial. Dari penelitian yang dilakukan penulis mendapatkan kesimpulan, sebagai berikut: (1) Kiai Ali Manshur lahir pada 23 Maret 1921 di Jember, beliau merupakan keturunan Kiai Shiddiq Jember. Pendidikan yang di tempuh yaitu dari beberpapa pesantren mulai dari MI Diniyyah Makam Agung Tuban, pesantren Tremas (Pacitan), pesantren Lasem, pesantren Langitan (Widang, Tuban), pesantren Lirboyo (Kediri), pesantren Tebu Ireng (Jombang). Beliau juga aktif dalam organisasi masyarakat Islam dan Politik. (2) kondisi Politik dan Agama di Banyuwangi pada tahun 1950-1965 menjadi salah satu latar belakang terciptanya Sholawat Badar dan juga perkembangannya. Terlihat dari lirik yang dituliskan pada Sholawat Badar yaitu mengenai kekhawatiran dan kecemasan Kiai Ali Manshur. (3) perkembangan Sholawat Badar terlihat dari tahun 2016 hingga 2021, beberapa fungsi dan manfaat membaca Sholawat Badar terlihat dari lirik Sholawat itu sendiri.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maulida, Sierly Ulyasierly.ulya2000@gmail.comA02218034
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorWasid, Wasidwasid_2007@yahoo.co.id2118027401
Thesis advisorJuma', Juma'eden.jou@gmail.com--
Subjects: Biografi
Islam
Keywords: Sholawat Badar; Kiai Ali Manshur; Perkembangan
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Shierly ulya Maulida
Date Deposited: 17 Nov 2022 02:03
Last Modified: 17 Nov 2022 02:03
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/58180

Actions (login required)

View Item View Item