Nilai-nilai pendidikan Islam dalam film Jaka Tingkir karya Prawoto SR

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ubaidillah, Achmad Dawa Mas (2022) Nilai-nilai pendidikan Islam dalam film Jaka Tingkir karya Prawoto SR. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Achmad Dawa Mas Ubaidillah_D91218112.pdf

Download (3MB)

Abstract

Di latarbelakangi dengan perkembangan zaman yang di tandai dengan kemajuan teknologi, media adalah salah satu alternatif dalam pemenuhan dan pengembangan dunia pendidikan. Film merupakan salah satu media yang dapat di gunakan dalam menyampaikan nilai-nilai pendidikan Islam. karena, film dengan kelebihan audio visualnya mempunyai daya pengaruh yang luar biasa bagi penontonnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Nilai-nilai pendidikan Islam dalam film Jaka Tingkir karya Prawoto SR. 2) Apa saja ayat�ayat atau hadist yang relevan dengan nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam film Jaka Tingkir karya Prawoto SR.Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah sumber data primer (film Jaka Tingkir), serta sumber data sekunder (internet, buku-buku, serta sumber lain yang berkaitan dengan penelitian ini).Hasil pada penelitian ini menunjukkan adanya nilai-nilai pendidikan Islam yang dapat terkandung dalam film Jaka Tingkir dengan mencakup tiga hal yakni akidah ibadah serta akhlak, yang dimulai dari nilai akidah pada tokoh Jaka Tingkir yang ditunjukkan melalui iman kepada Allah SWT serta tidak syirik pada Allah. Nilai ibadah dengan menjalankan Shalat 5 waktu, berdzikir, bersedekah serta cinta tanah air. Sedangkan nilai Akhlak di antaranya adalah selalu berbakti pada kedua orang tua, patuh serta hormat kepada guru, tolong menolong, menghargai waktu, kesabaran, tawadhu’ amanah, berani, musyawarah, perintah dari amar ma’ruf nahi munkar, serta ikhlash. Nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung didalam film itu bisa di terapkan atau implementasikan dalam kehidupan kita sehari-hari oleh guru, orang tua, serta lingkungan masyarakat yang berada disekitar kita dengan cara memberikan keteladanan, pengajaran serta pembiasaan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ubaidillah, Achmad Dawa Masmaddaalmasruri@gmail.comD91218112
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorJazil, Saifuljazilubna@gmail.com2012126901
Thesis advisorSyaifuddin, Syaifuddin--2029116901
Subjects: Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Materi
Film > Film -- Aspek Keagamaan
Sejarah > Sejarah Islam
Keywords: Nilai-nilai Pendidikan Islam; film Jaka Tingkir
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Achmad Dawa Mas Ubaidillah
Date Deposited: 16 Nov 2022 06:33
Last Modified: 16 Nov 2022 06:33
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/58190

Actions (login required)

View Item View Item