Analisis Hukum Islam dan Fatwa DSN No.112 tahun 2017 terhadap peralihan objek sewa stand UMKM di Ketintang Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Anggraini, Risma (2021) Analisis Hukum Islam dan Fatwa DSN No.112 tahun 2017 terhadap peralihan objek sewa stand UMKM di Ketintang Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Risma Anggraini_ C02217046.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penulis menggunakan analisis deskriptif dengan pola pikir deduktif, dalam menjelaskan praktik peralihan objek sewa di wilayah Ketintang Surabaya dan dianalisis berdasarkan hukum Islam dan Fatwa DSN No. 112 Tahun 2017. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: pihak penyewa pertama menyewakan kembali stand yang ia sewa selama satu tuhan dengan sistem bulanan kepada orang lain, kemudian beliau pindah dan memutuskan untuk mengoper kontrak stand tersebut tanpa sepengetahuan dan persetujuan dari pihak pemilik sah stand tersebut. Dalam hukum Islam dan fatwa DSN hal tersebut tidak diperbolehkan, karena syarat sahnya sewa-menyewa salah satunya adalah objek yang disewakan haruslah milik sendiri, dan pihak yang menyewakan memiliki kuasa penuh atas objek tersebut. Dalam Fatwa DSN memang dijelaskan boleh menyewakan kembali objek sewaan kecuali tanpa izin dari pemilik. Dan dalam kasus ini penyewa pertama tidak izin terlebih dahulu kepada pemilik sah. Berdasarkan kesimpulan diatas maka penulis memberikan saran kepada para pihak yang terlibat dalam kegiatan sewa-menyewa khususnya pihak penyewa, seharusnya lebih transparan dalam bertransaksi agar tidak menimbulkan kerugian salah satu pihak khususnya pihak pemilik, terlebih jika beragama muslim agar kembali kepada hukum Islam dalam bertransaksi (muamalah) sesuai dengam syariat Islam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Anggraini, Rismarisini29@gmail.comC02217046
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorDimyati, Dimyatidimyati@uinsby.ac.id2026087702
Subjects: Fatwa
Hukum Islam
Sewa
Keywords: Sewa menyewa; sewa stan; UMKM
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Risma Anggraini
Date Deposited: 16 Nov 2022 05:47
Last Modified: 16 Nov 2022 05:47
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/58194

Actions (login required)

View Item View Item