Pemetaan kualitas air dan struktur komunitas makroinvertebrata sebagai bioindikator pada sungai lekso, Kecamatan Gandusari, Kabupaten Blitar

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wahyuliana, Roikhana Farista (2022) Pemetaan kualitas air dan struktur komunitas makroinvertebrata sebagai bioindikator pada sungai lekso, Kecamatan Gandusari, Kabupaten Blitar. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Roikhana Farista Wahyuliana_H05217022.pdf

Download (2MB)

Abstract

Sungai Lekso merupakan salah satu sungai yang melewati Kecamatan Gandusari,Kabupaten Blitar. Aliran sungai Lekso ini dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar untuk irigasi pada sektor pertanian dan juga sebagai wisata wahana air arung jeram, sehingga kualitas air besih yang digunakan harus memenuhi baku mutu air bersih kelas dua pada parameter fisika dan kimia. Adanya aktivitas pertanian masyarakat sekitar, pembuangan sampah domestik dan kegiatan penambangan pasir berpotensi mengakibatkan penurunan kualitas air. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas air Sungai Lekso berdasarkan parameter fisika, kimia dan biologinya, untuk kemudian dilakukan pemetaan kualitas air Sungai Lekso berdasarkan kualitas sungai di setiap parameter. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Penelitian dilakukan pada 3 stasiun yang berbeda. Hasil pengamatan kualitas air pada parameter fisika dan kimia seperti suhu, pH, BOD, COD dan TSS dianalisis menggunakan metode indeks pencemar. Sedangkan pada parameter biologi memanfaatkan makroinvertebrata dalam penelitiannya, lalu dianalisis menggunakan metode family biotic index. Berdasarkan hasil analisis pemantauan fisika dan kimia menggunakan perhitungan indeks pencemar, kualitas air Sungai Lekso tergolong tercemar ringan. Sedangkan pada pemantauan biologi menggunakan perhitungan family biotic index Sungai Lekso berada pada kualitas air sangat baik dan dikategorikan tidak terpolusi bahan organik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wahyuliana, Roikhana Faristaroikhanaf12@gmail.comH05217022
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNilandita, Widyawidya.nilandita@gmail.com2007108402
Thesis advisorYusrianti, Yusriantiyusrianti_sabang@uinsby.ac.id2022108201
Subjects: Teknik Lingkungan
Keywords: Pemetaan; Makroinvertebrata; Parameter fisika kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Tehnik Lingkungan
Depositing User: Roikhana Farista Wahyuliana
Date Deposited: 24 Feb 2023 05:39
Last Modified: 24 Feb 2023 05:39
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/58199

Actions (login required)

View Item View Item