Analisis perkembangan keterampilan motorik halus menggunting di masa pandemi pada kelompok A di Taman Kanak-Kanak Alif Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mas'ula, Lailatul (2022) Analisis perkembangan keterampilan motorik halus menggunting di masa pandemi pada kelompok A di Taman Kanak-Kanak Alif Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Lailatul Mas'ula_D08215004.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh adanya penyebaran virus covid 19 membuat kegiatan belajar mengajar di lembaga pendidikan dilakukan secara online atau pembelajaran daring. Sehingga kegiatan belajar mengajar dilakukan menggunakan perangkat digital. Walau terjadi pandemi, aspek fisik motorik anak khususnya motorik halus harus tetap dikembangkan dan di stimulus oleh guru dengan jarak jauh dan dibantu koordinasi dengan orang tua. Upaya yang dapat dilakukan oleh guru dalam meningkatkan kemampuan motorik halus anak salah satunya melalui kegiatan menggunting. Menggunting merupakan salah satu kegiatan yang dapat menstimulus motorik halus anak dan menarik bagi anak, karena menggunting dapat memperkuat otot-otot jari dan pergelangan tangan, semakin sering anak melakukan kegiatan menggunting maka otot-otot anak semakin kuat. Namun karena adanya pandemi guru beradaptasi dengan hal yang baru serta waktu yang singkat sehingga kegiatan menggunting dianggap tidak efisien karena membutuhkan waktu yang lama. Rumusan masalah penelitian adalah: (1) Bagaimana pembelajaran keterampilan motorik halus menggunting di masa pandemi pada anak kelompok A di TK Alif Surabaya? (2) Bagaimana penerapan pembelajaran keterampilan motorik halus menggunting di masa pandemic pada anak kelompok A di TK Alif Surabaya? (3) Bagaimana perkembangan keterampilan motorik halus menggunting di masa pandemi pada anak kelompok A di TK Alif Surabaya.? Tujuan penelitian ini adalah untuk mnegetahui perkembangan keterampilan motorik halus halus anak kelompok A di masa pandemi melalui kegiatan menggunting di TK Alif Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan pendekatan study kasus dan pengambilan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi berupa foto dan rancangan pembelajaran. Analisis data yang digunakan yakni model Miles dan Huberman, dimana proses penelitian dimulai dari mereduksi data kemudian menyajikan data, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perkembangan keterampilan motorik halus menggunting di masa pandemi pada TK Alif Surabaya mengalami perkembangan. Namun karena terbatasnya waktu pembelajaran dan kurang efektif untuk diberikan, guru tidak memberikan kegiatan menggunting lagi kepada anak, namun ketika peneliti melakukan penelitian terkait menggunting banyak yang sudah bisa memegang gunting dengan baik dan benar dan dapat menggunting garis vertikal, horizontal, lengkung sesuai pola. Walau masih ada anak yang belum memahami menggunting sesuai pola dan digunting asal namun sebagian besar mengalami perubahan yang cukup pesat. Inilah perlunya koordinasi antara guru dan orang tua agar perkembangan anak lebih optimal.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mas'ula, Lailatullailatulmasula96@gmail.comD08215004
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMukhoiyaroh, Mukhoiyarohyaroh354@gmail.com2009047302
Thesis advisorPangastuti, Ratnaratnapangastuti@hotmail.com2003118103
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Anak
Keywords: Motorik halus; Menggunting; Pandemi; Kelompok A
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: lailatul mas'ula
Date Deposited: 21 Nov 2022 02:11
Last Modified: 21 Nov 2022 02:11
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/58202

Actions (login required)

View Item View Item