Analisis pengembangan kemampuan motorik kasar anak melalui permainan tradisional Engklek pada Evamat di SPS POS PAUD Al Insani Desa Kalipuro Mojokerto.

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nurfadila, Heni (2022) Analisis pengembangan kemampuan motorik kasar anak melalui permainan tradisional Engklek pada Evamat di SPS POS PAUD Al Insani Desa Kalipuro Mojokerto. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Heni Nurfadila_D99217039.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian dilakukan dengan latar belakang kemampuan motoric kasar anak yang masih kurang dalam hal melompat. Sehingga untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar anak, guru menggunakan media pemainan tradisional engklek pada evamat. Media tersebut dipilih karena mudah untuk di mainkan serta menarik dilakukan karena menggunakan evamat yang tedapat gambar buah, angka, maupun huruf. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui penerapan permainan tradisinal engklek pada evamat mengenai pengembangan kemampuan motorik kasar anak dan untuk mengetahui pengembangan kemampuan motorik kasar anak melalui permainan tradisional engklek pada evamat. Jenis penelitian yang digunakan oleh penulis yaitu deskriptif kualitatif, dan pendekatan studi kasus atau Case Study. Dengan setting penelitian SPS POS PAUD Al Insani. Data penelitian ini dikumpulkan dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian di analisis menggunakan analisis interaktif yang terdapat tiga komponen yakni reduksi data, sajian data, kemudian ditarik sebuah kesimpulan. Sedangkan dalam pengujian keabsahan data menggunakan teknik metode triangulasi. Berdasarkan hasil penelitian penerapan permainan tradisional engklek pada evamat ini sangat membantu guru untuk memberikan stimulus pada anak dalam melompat. Permainan tersebut dilakukan sebulan sekali sehingga anak-anak sangat senang dan sangat antusias ketika bermain engklek diluar kelas bersama guru dengan evamat ini memudahkan anak untuk ingin melomat karena evamat itu sendiri memiliki banyak variasi seperti gambar buah,angka dan huruf serta penataan evamat untuk bermain tradisional engklek seperti bentuk pesawat. Hasil pengembangan motorik anak melalui permainan tradisional engklek pada evamat dari 20 anak terdapat 11 anak sudah BSB yang mengalami peningkatan dalam pencapaian indikator dan hanya 9 anak masih BB. Hal ini dikarenakan anak tersebut ketika masuk didalam masih belum berani untuk maju kedepan sehingga masih perlu dengan bantuan dari guru ketika anak melakukan melompat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nurfadila, Heniheninurfadila0@gmail.comD99217039
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNadlir, Nadlirnadlir@uinsby.ac.id2022076802
Thesis advisorPangastuti, Ratnaratnapangastuti@hotmail.com2003118103
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Anak
Pendidikan > Pendidikan Anak
Keywords: Pengembangan motorik; Permainan Tradisional
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Heni Nurfadila
Date Deposited: 16 Nov 2022 06:02
Last Modified: 16 Nov 2022 06:02
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/58203

Actions (login required)

View Item View Item