Implementasi sistem automasi pengatur air hidroponik berbasis Arduino

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sobrian, Havid Abdus (2022) Implementasi sistem automasi pengatur air hidroponik berbasis Arduino. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Havid Abdus Sobrian_H76216058.pdf

Download (2MB)

Abstract

Perkembangan teknologi pada zaman ini sudah mencapai titik dimana hampir semua aspek telah mengimplementasikan teknologi. Seperti halnya dalam aspek agraris yaitu bidang pertanian dan perkebunan khususnya hidroponik. Teknologi saat ini memasuki era industri 4.0 dimana hampir semua pekerjaan manusia dibantu oleh teknologi dari jarak jauh atau dijalankan secara automatis. Dalam bidang pertanian dan perkebunan teknologi tersebut dimanfaatkan untuk membantu manusia dalam merawat tanaman hingga masa panen tanaman. Namun teknologi tersebut masih belum diterapkan secara luas, sebagian besar pekerjaan masih dilakukan oleh tenaga kerja manusia. Oleh karena itu dilakukan dibuatlah sistem automasi pengatur air hidroponik berbasis Arduino, dengan harapan mempermudah petani hidroponik dalam penanaman dan mengatur kondisi dan kualitas dari tanaman yang dibiakkan. Pada penelitian ini dilakukan beberapa proses seperti pengambilan data, analisa kebutuhan, perancangan sistem dengan rule based system, implementasi, dan pengujian. Hasil penelitian dengan 30 skenario pengujian fungsi sistem didapatkan hasil performa sebesar 86,6% dimana terdapat empat fungsi yang tidak bekerja dengan normal.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sobrian, Havid Abdushavid211@gmail.comH76216058
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorIzzuddin, Muhammad Andikandik@uinsby.ac.id198403072014031001
Thesis advisorYusuf, Ahmadahmadyusuf@uinsby.ac.id199001202014031003
Subjects: Teknologi
Keywords: Arduino; Rule-Based System; Hidroponik; Automasi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Sistem Informasi
Depositing User: Havid Abdus Sobrian
Date Deposited: 16 Nov 2022 08:33
Last Modified: 16 Nov 2022 08:33
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/58208

Actions (login required)

View Item View Item