Manajemen kerjasama sekolah dengan dunia usaha dan dunia industri sebagai upaya keterserapan lulusan dalam dunia kerja: studi kasus di SMK Negeri 5 Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Azizah, Rif'atul (2022) Manajemen kerjasama sekolah dengan dunia usaha dan dunia industri sebagai upaya keterserapan lulusan dalam dunia kerja: studi kasus di SMK Negeri 5 Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rif'atul Azizah_D93218101 ok.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjawab fokus penelitian mengenai manajemen kerjasama antara sekolah dengan dunia usaha dan dunia industri di SMK Negeri 5 Surabaya, faktor pendukung dan penghambat kerjasama sekolah dengan dunia usaha dan dunia industri di SMK Negeri 5 Surabaya, dan dampak kerjasama SMK dengan dunia usaha dan dunia industri terhadap keterserapan lulusan di dunia kerja. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakanstudi kasus. Subjek penelitian ini adalah SMK Negeri 5 Surabaya, dengan informannya yaitu Kepala Sekolah, Waka Hubungan Industri dan Masyarakat, Koordinator Bursa Kerja Khusus, dan Alumni SMK Negeri 5 Surabaya. Dengan mengumpulkan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi. Hasil dari temuan penelitian yang diperoleh menunjukan bahwa (1) Manajemen Kerjasama antara Sekolah dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri di SMK Negeri 5 Surabaya dimulai dengan Perencanaan, Pengorganisasian, Pelaksanaan, dan pengendalian. Dimulai dari pencarian industri, perjanjian kerjasama, pelaksanaan kegiatan kerjasama yaitu sinkronisasi kurikulum, prakerin, magang guru, pelatihan guru tamu, kelas industri hingga sertifikasi kompetensi serta proses rekrutmen. (2) Faktor Pendukung dan Penghambat Kerjasama Sekolah dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri di SMK Negeri 5 Surabaya adalah sumber daya sekolahnya beserta visi sekolah merupakan faktor pendukung dalam kerjasama dengan dudi, faktor penghambat yaitu alat peraga praktik siswa masih belum teruprgade karna membutuhkan waktu serta biaya, dan kendala siswa saat melaksanakan magang juga merupakan faktor penghambat terhadap berjalannya kerjasama dengan industri. (3) Dampak Kerjasama SMK dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri terhadap keterserapan Lulusan di Dunia Kerja yaitu sangat memiliki dampak yang besar, terhitung dari hasil dokumen penyerapan lulusan ke dunia kerja tahun 2019 mencapai 80,03%, tahun 2020 64,96%, tahun 2021 74,94%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Azizah, Rif'atulrifatul46@gmail.comD93218101
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAsrohah, Hanunasrohah@yahoo.com2010046801
Thesis advisorMustofa, Alialimustofa@uinsby.ac.id2025127601
Subjects: Hubungan Masyarakat
Manajemen
Tenaga Kerja
Keywords: Manajemen kerjasama sekolah dan keterserapan lulusan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Rif'atul Azizah
Date Deposited: 17 Nov 2022 02:59
Last Modified: 17 Nov 2022 02:59
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/58212

Actions (login required)

View Item View Item