Evaluasi pembelajaran matematika menggunakan model countenance Stake pada kelas sistem kredit semester

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Prakoso, Bayu Candra (2022) Evaluasi pembelajaran matematika menggunakan model countenance Stake pada kelas sistem kredit semester. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Bayu Candra Prakoso_D74217034.pdf

Download (33MB)

Abstract

Sistem Kredit Semester (SKS) adalah bentuk penyelenggaraan pendidikan yang peserta didiknya menyepakati jumlah beban belajar yang diikuti sesuai dengan bakat, minat, dan kemampuan/kecepatan belajarnya. Penyelenggaraan SKS harus didukung dengan kualitas pembelajaran yang baik agar berjalan optimal. Oleh karena itu, perlu adanya evaluasi guna mengetahui kualitas sebuah pembelajaran, khususnya pembelajaran matematika. Evaluasi model countenance Stake dipilih karena model ini dapat menilai pembelajaran secara kompleks, mulai dari perencanaan, pelaksanaan, hingga hasil pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil evaluasi pembelajaran matematika menggunakan model countenance Stake pada kelas Sistem Kredit Semester (SKS) di MAN 1 Pasuruan, baik pada komponen antecedents (perencanaan), transactions (pelaksanaan), maupun outcomes (hasil). Penelitian ini merupakan penelitian evaluatif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian yang diambil adalah ketua program SKS dan guru matematika kelas SKS di MAN 1 Pasuruan. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yakni: 1) dokumentasi, untuk mengetahui berkas-berkas perangkat pembelajaran; 2) observasi, untuk mengamati jalannya proses pembelajaran; dan 3) wawancara, sebagai data pendukung untuk menggaliinformasi lebih mendalam dari subjek penelitian. Setelah diperoleh data penelitian, selanjutnya dilakukan teknik analisis data dokumentasi, observasi, dan wawancara berdasarkan indikator pada masing-masing komponen pembelajaran matematika kelas SKS di MAN 1 Pasuruan. Hasil evaluasi countenance Stake pada pembelajaran matematika kelas SKS di MAN 1 Pasuruan yakni: 1) komponen antecedents berupa silabus dan RPP. Kesesuaian silabus dengan standar mencapai persentase 100%, berada dalam kategori sangat baik. Kesesuaian RPP dengan standar mencapai persentase 76,92%, berada dalam kategori baik; 2) komponen transactions, berupa pelaksanaan pembelajaran matematika. Kesesuaian langkah-langkah pembelajaran yang dilakukan guru sesuai dengan standar proses dari Permendikbud, dengan persentase kesesuaian mencapai 91,66%, berada dalam kategori sangat baik; 3) komponen outcomes berupa mekanisme dan prosedur penilaian, dan juga hasil belajar peserta didik. Kesesuaian mekanisme penilaian dengan standar mencapai persentase 100%, berada dalam kategori sangat baik. Kesesuaian prosedur penilaian dengan standar mencapai persentase 75%, berada dalam kategori baik. Hasil belajar peserta didik menujukkan bahwa 100% peserta didik mendapat nilai di atas KKM; 4) terdapat kesesuaian logis dan empirik pada komponen antecedents, transactions, dan outcomes pembelajaran matematika kelas SKS.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Prakoso, Bayu CandraBayuCP1208@gmail.comD74217034
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSuparto, SupartoUNSPECIFIED196904021995031002
Thesis advisorKusaeri, KusaeriUNSPECIFIED197206071997031001
Subjects: Matematika
Keywords: Evaluasi pembelajaran: matematika: model countenance Stake; sistem kredit semester
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Bayu Candra Prakoso
Date Deposited: 06 Jan 2023 04:00
Last Modified: 06 Jan 2023 04:00
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/58217

Actions (login required)

View Item View Item