Gerakan sosial Kesadaran Lingkungan Bersih Masyarakat Desa Butoh Kecamatan Sumberejo Kabupaten Bojonegoro

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Islamudin, Muhamad Bahrul (2022) Gerakan sosial Kesadaran Lingkungan Bersih Masyarakat Desa Butoh Kecamatan Sumberejo Kabupaten Bojonegoro. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhamad Bahrul Islamudin_E173218042 ok.pdf

Download (4MB)

Abstract

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah tentang kesadaran akan kebersihan lingkungan masyarakat desa butoh. Diambil dari rumusan masalah tersebut terdapat sebuah pembahasan didalamnya yaitu tentang bentuk-bentuk gerakan sosial kesadaran lingkungan bersih, dampak gerakan sosial kesadaran lingkungan betsih, serta implikasi pelaksanaan gerakan sosial yang ada di Desa Butoh. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini mengungkapkan sebagai berikut :1). Bentuk dari gerakan kesadaran sosial lingkungan bersih adalah menyediakan jamban sehat, memanfaatkan lingkungan taman rumah, menjaga kebersihan lingkungan, dan rutin menanam pohon. 2). Gerakan sosial memberikan dampak positif bagi kehidupan masyarakat Desa Butoh, tentunya melindungi kita dari berbagai macam penyakit, serta menciptakan lingkungan yang bersih dan sejuk serta nyaman untuk seluruh masyarakat Desa Butoh. 3). Implikasi dari kesadaran lingkungan adalah kegiatan manusia yang ramah lingkungan harus meningkat dan masyarakat harus sadar tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Islamudin, Muhamad Bahrulabahrul70@gmail.comI73218042
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRr Suhartini, Rr Suhartinisuhartini.rofiq@gmail.com2013015801
Subjects: Hubungan Masyarakat
Lingkungan Hidup
Sosiologi
Keywords: Gerakan sosial; Kesadaran Lingkungan Bersih
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Muhamad Islamudin
Date Deposited: 21 Nov 2022 07:06
Last Modified: 21 Nov 2022 07:06
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/58223

Actions (login required)

View Item View Item