Klasifikasi hipertensi pada ibu hamil berdasarkan faktor yang mempengaruhinya menggunakan Regresi Logistik Multinomial

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Tiasti, Roro Niken Enggar (2022) Klasifikasi hipertensi pada ibu hamil berdasarkan faktor yang mempengaruhinya menggunakan Regresi Logistik Multinomial. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Roro Niken Enggar Tiasti_H72218031.pdf

Download (3MB)

Abstract

Angka Kematian Ibu (AKI) masih menjadi masalah utama yang harus dihadapi di Indonesia dan negara berkembang lainnya, salah satu penyebabnya yaitu Hipertensi Dalam Kehamilan (HDK). Penelitian ini difokuskan untuk mengklasifikasikan hipertensi pada ibu hamil berdasarkan faktor-faktor yang mempengaruhinya, dengan studi kasus pasien poli Spesialis Obstetric dan Ginekologi di Rumah Sakit Umum Daerah Dr. R. Sosodoro Djatikoesoemo Bojonegoro. Variabel yang digunakan adalah umur, graviditas, usia gestasi, obesitas, riwayat aborsi, riwayat penyakit hipertensi dan diabetes melitus. Metode penelitian yang dipakai dalam penelitian ini yaitu regresi logistik multinomial karena menggunakan empat kategori variabel dependen yaitu ibu hamil tanpa hipertensi, ibu hamil dengan hipertensi kronis, ibu hamil dengan hipertensi gestasional dan ibu hamil dengan preeklampsia. Regresi logistik multinomial mampu menemukan hubungan antara variabel dependen (y) yang sifatnya polikotomus atau multinomial yang terdiri lebih dari 2 kategori dan berskala nominal dengan satu atau lebih variabel independen (x). Hasil yang diperoleh pada penelitian ini dari 3 kategori hipertensi pada ibu hamil, faktor yang mempengaruhinya ialah faktor obesitas, usia gestasi > 36 minggu, memiliki riwayat penyakit hipertensi dan diabetes melitus dengan nilai ketepatan klasifikasi model yang dihasilkan sebesar 79,6% yang berarti pengklasifikasian tergolong bagus.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Tiasti, Roro Niken Enggarroroniken30@gmail.comH72218031
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFarida, Yuniaryuniar_farida@uinsby.ac.id2027057901
Thesis advisorHamid, Abdullohdoelhamid@uinsby.ac.id2028088501
Subjects: Kesehatan
Kesehatan

Kematian
Kesehatan > Ibu dan Anak - Pelayanan Kesehatan
Kesehatan > Ibu dan Anak - Pelayanan Kesehatan
Keywords: Hipertensi Dalam Kehamilan; Regresi Logistik Multinomial
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Matematika
Depositing User: Roro Niken Enggar Tiasti
Date Deposited: 07 Mar 2023 03:24
Last Modified: 07 Mar 2023 03:24
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/58226

Actions (login required)

View Item View Item