Penerapan model hybrid learning pada masa pandemi covid-19 di TK Kusuma Mulia Bukur Kandangan Kediri

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Novitasari, Merry (2022) Penerapan model hybrid learning pada masa pandemi covid-19 di TK Kusuma Mulia Bukur Kandangan Kediri. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Merry Novitasari_D98216041.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mengetahui penerapan model hybrid learning di TK Kusuma Mulia Bukur Kandangan Kediri pada masa pandemi covid-19. (2) Mengetahui faktor pendukung dan penghambat penerapan model hybrid learning di TK Kusuma Mulia Bukur Kandangan Kediri pada masa pandemi covid-19. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan desain deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini meliputi wawancara dengan kepala sekolah dan pendidik, observasi dilakukan di ruang kelas dan ruang pembelajaran online (whatsapp, google meet, youtube), dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi. Teknis analisis data menggunakan reduksi data berupa pelaksanaan pengajaran pendidik menggunakan model hybrid learning pada masa pandemi covid-19 dan kendala yang dialami, penyajian data berupa proses pembelajaran selama pandemi covid-19 terkait pengjaran pendidik dengan model hybrid learning dan kesimpulan.Berdasarkan analisis data, hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapkan model hybrid learning pada masa pandemi covid-19 di TK Kusuma Mulia Bukur Kandangan Kediri proses perencanaan secara daring berupa: menentukan aplikasi yang digunakan seperti whatsapp, google meet, dan youtube, pendataan kondisi dan nomor hand phone peserta didik untuk membuat whatsapp group, menyiapkan RPPM, menyiapkan materi, dan menentukan media pembelajaran. Pelaksanaan model hybrid learning di TK Kusuma Mulia Bukur Kandangan Kediri antara lain: kegiatan pendahuluan berupa salam, pembiasaan dan pengisian absensi, kegiatan inti berupa penyampaian materi dan tanya jawab, dan kegiatan penutup berupa kesimpulan dan penugasan. Penilaian berupa tes dan non tes. Pembelajaran luring dilakukan di sekolah dengan jadwal kelompok satu setiap hari senin, rabu, jumat dan untuk kelompok dua pada hari selasa, kamis, dan sabtu dengan waktu belajar satu jam setengah. 2) Faktor pendukung model hybrid learning di TK Kusuma Mulia Bukur Kandangan Kediri yaitu bebas belajar dimana saja dan kapan saja, waktu bermain lebih banyak. Faktor penghambat yaitu jaringan yang tidak stabil, boros kuota, penggunaan HP (Hand Phone) secara bergantian, mudah bosan dalam belajar dan pendidikan orang tua yang rendah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Novitasari, Merrymerrynovitasari26@gmail.comD98216041
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMusthofa, M. Bahribahri.musthofa007@gmail.com2022077302
Thesis advisorDwijo, Al Qudus Nofiandri Eko Sucipto----
Subjects: Kurikulum
Pendidikan
Keywords: Model Hybrid Learning; Covid-19
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Merry Novitasari
Date Deposited: 17 Nov 2022 01:50
Last Modified: 17 Nov 2022 01:50
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/58234

Actions (login required)

View Item View Item