Analisis hukum islam terhadap penafsiran penghulu KUA Kecamatan Dente Teladas Kabupaten Tulang Bawang terkait pasal 53 kompilasi hukum islam tentang pernikahan wanita hamil

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Oktavia, Ayu (2021) Analisis hukum islam terhadap penafsiran penghulu KUA Kecamatan Dente Teladas Kabupaten Tulang Bawang terkait pasal 53 kompilasi hukum islam tentang pernikahan wanita hamil. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ayu Oktavia_C91216067.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini merupakan penelitian kualitatif.data yang terkumpul kemudian di analisis dengan pola pikir deduktif. Pengumpulan data dalam penelitian ini melalui wawancara dan dokumentasi. Sumber data primer dari penelitian ini adalah hasil wawancara dari penghulu-penghulu KUA Kecamatan Dente Teladas Kabupaten Tulang Bawang dan sumber data sekunder meliputi Kepala KUA, buku, Undang-Undang dan lain sebagainya yang berkaitan dari tema penelitian ini. Berdasarkan penelitian di KUA Kecamatan Dente Teladas Kabupaten Tulang Bawang menyimpulkan bahwa kasus perkawinan wanita hamil di KUA Kecamatan Denten Teladas Kabupaten Tulang Bawang sering terjadi yang di sebabkan oleh pergaulan bebas,kurangnya perhatian dari orang tua,kurangnya pendidikan agama dan rasa sayang yang teramat dalam kepada sang kekasih. Mengenai hal tersebut penghulu KUA Kecamatan Dente Teladas Berbeda Pendapat terhadap perkawinan wanita hamil yang terdapat dalam pasal 53 KHI. Dari penelitian ini komparasi antara Al-Qur‟an,Hadits Pendapat Ulama dan Kompilasi Hukum Islam dapat menjadi tolak ukur atau kesesuaian mengenai penafsiran Penghulu KUA Kecamatan Dente Teladas Kabupaten Tulang Bawang mengenai perkawinan wanita hamil yang terdapat dalam pasal 53 KHI.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Oktavia, AyuAyujmlokta@gmail.comC91216967
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorWarjiyati, Sriwarjiyatisri@gmail.com2026086802
Subjects: Nikah
Wanita
Keywords: Perkawinan; pernikahan, wanita hamil; pernikahan wanita hamil
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Ayu Oktavia
Date Deposited: 15 Nov 2022 06:51
Last Modified: 15 Nov 2022 06:51
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/58235

Actions (login required)

View Item View Item