Peran orang tua sebagai guru pengganti dalam mengembangkan fisik motorik seni tari di TK Dharma Wanita Persatuan Sukorejo Buduran Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Melynda, Diajeng Ristinia (2022) Peran orang tua sebagai guru pengganti dalam mengembangkan fisik motorik seni tari di TK Dharma Wanita Persatuan Sukorejo Buduran Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Diajeng Ristinia Melynda_D09217006.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh peran orangtua yang kurang memberikan perhatian kepada anak sebagai guru pengganti ketika dirumah. Rumah adalah tempat anak dan orangtua bisa berkumpul bersama untuk saling menanyakan apa yang menjadi keinginan nya guna melaksanakan tugas dari guru disekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran orangtua sebagai guru penganti dirumah dalam mengajarkan fisik motorik seni menari di TK Dharma Wanita Persatuan Sukorejo Buduran Sidoarjo dan untuk mengetahui faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat peran orangtua dalam mengantikan posisi guru di sekolah dalam mengembangkan seni menari di TK Dharma Wanita Persatuan Sukorejo Buduran Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yakni dengan cara penelitian lapangan (field research). Objek penelitiannya adalah peran orangtua sebagai guru pengganti dalam mengembangkan seni menari di TK Dharma Wanita Persatuan Sukorejo Buduran Sidoarjo. Sedangkan subjek penelitiannya adalah TK Dharma Wanita Persatuan Sukorejo Buduran Sidoarjo. Untuk memperoleh informasi dan data-data yang diperlukan dalam penelitian, peneliti menggunakan beberapa metode yaitu: metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam menganalisis data yang diperoleh dari hasil penelitian, penulis menggunakan teknik analisis reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Data yang saya peroleh dilapangan berdasarkan hasil analisis data dalam bentuk wawancara, observasi dan dokumentasi yang penulis lakukan kepada kepala sekolah maupun orangtua anak, adalah tidak semua orangtua bisa menari, tidak semua orangtua ataupun anak suka dengan dunia seni, bahkan ada orangtuanya yang suka tetapi anaknya yang tidak mau untuk melakukannya, karena berbeda anak berbeda juga kesukaannya. Kesimpulan peran orang tua sebagai guru pengganti ketika dirumah dalam mengembangkan fisik motorik. anak melakukan gerakan tari tidak semua orangtua menyetujui. Karena peran orangtua sebagai guru pengganti harus dilakukan secara langsung kepada anak, agar anak tidak merasa sendiri dalam melakukan aktifitas atau kegiatan yang diberikan oleh ibu guru ketika dirumah. Peneliti dapat menyimpulkan bahwa peran orangtua sebagai guru pendamping ketika dirumah belum semua berhasil dilakukan, karena sebagian orangtua masih belum sepenuhnya bisa mendampingi anaknya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Melynda, Diajeng Ristiniadiajengristiniam@gmail.comD09217006
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNadlir, Nadlirnadlir@uinsby.ac.id2022076802
Thesis advisorPangastuti, Ratnaratnapangastuti@hotmail.com2003118103
Subjects: Guru
Pengajaran
Orang tua dan Anak
Keywords: Peran orang tua; pembelajaran seni menari; perkembangan fisik motorik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Diajeng Ristinia Melynda
Date Deposited: 21 Nov 2022 03:16
Last Modified: 21 Nov 2022 03:16
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/58237

Actions (login required)

View Item View Item