Rekonstruksi pembelajaran fiqih pada masa pandemi: studi pada keluarga MTsN 4 Kota Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hartanti, Zahrohtul Oktin Dwi (2022) Rekonstruksi pembelajaran fiqih pada masa pandemi: studi pada keluarga MTsN 4 Kota Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Zahrohtul Oktin Dwi Hartanti_D91217074.pdf

Download (4MB)

Abstract

Pandemi covid-19 yang mulai muncul di awal tahun 2020, keadaan tersebut membawa perubahan yang besar dalam semua aspek kehidupan masyarakat dan juga aspek pendidikan. Pembatasan sosial pembelajaran dilakukan dengan sistem Online. Maka dalam hal ini peran orang tua dibutuhkan untuk membantu agar pembelajaran berjalan dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran, kendala yang dihadapi dan rekontruksi pembelajaran fiqih pada masa pandemi Covid-19 yang berlangsung di Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Kota Surabaya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Hasil penelitian yang diperoleh melalui kegiatan observasi, wawancara yang mendalam dengan subyek penelitian, yaitu orang tua, guru mata pelajaran fiqih dan murid serta dokumentasi terhadap catatan-catatan yang ada di sekolah. Data kemudian di analisis dengan reduksi data, penyajian, analisa, dan penarikan kesimpulan yang semuanya dalam bentuk uraian. Dengan penelitian ini menunjukan bahwa pada saat penelitian ini dilakukan pembelajaran di MTs Negeri 4 Surabaya telah menggunakan pembelajaran Online dan tatap muka terbatas. Kendala yang dihadapi adalah sinyal yang sulit, jam tatap muka yang tidak mencukupi, dan sulitnya guru dalam penilaian kepada siswa khusunya yang berkaitan dengan penilaian terhadap praktikum. Pentingnya guru merekonstruksi baik itu menyangkut aspek materi, sistem pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran, agar kegiatan pembelajaran fiqih tetap dapat berjalan dengan efektif dan efisien.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hartanti, Zahrohtul Oktin Dwitantidwita46@gmail.comD91217074
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorZahrohtul Oktin Dwi, A. Dzo'ulainunsytantidwita46@gmail.comarifah@uinsby.ac.id2018057601
Subjects: Fikih
Guru
Keluarga
Pendidikan
Pendidikan > Anak
Pendidikan > Peran Guru
Pendidikan > Evaluasi
Keluarga > Keluarga - Anak
Orang tua dan Anak
Keywords: Pembelajaran fiqih; masa pandemi; keluarga
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Zahrohtul Oktin Dwi Hartanti
Date Deposited: 18 Nov 2022 09:04
Last Modified: 18 Nov 2022 09:04
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/58238

Actions (login required)

View Item View Item